Pilot Project Penataan SDM, SDAB dan Sarpras Kompenen Pendukung Pertahanan Negara di daerah perbatasan RI Timor- Leste di Kota Atambua Kabupaten Belu Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT)

Senin, 27 Maret 2017

pilot_8Attambua (27/3/2010). Dalam rangka membangun kesiapsiagaan Komponen Pendukung Pertahanan Negara (Komduk Hanneg) yang secara langsung maupun tidak langsung dapat meningkatkan kekuatan dan kemampuan Komponen Utama dan Komponen Cadangan. Maka pada Triwulan I TA.2017 Ditkomduk Ditjen Pothan Kemhan melaksanakan kegiatan penataan dan pembinaan 3 (tiga) segmen Komduk Hanneg yaitu segmen sumber daya manusia, segmen sumber daya alam dan sumber daya buatan serta segmen sarana prasarana yang berada di daerah agar dapat ditranformasikan menjadi Komduk Hanneg suatu ketika muncul kedarutan. Hal ini merupakan sebagai implementasi pasal 7 dan pasal 8 UU No.3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara.

 

 

 

 

pilot_7

Kegiatan Penataan dan Pembinaan Komduk Hanneg dilaksanakan di Kota Atambua, Kabupaten Belu Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), pada tanggal 19 s.d 24 Februari 2017 meliputi:

1.  Bidang SDM.

Penyiapan SDM di daerah dalam menghadapi ancaman militer dan non militer

 

 

 

 

 

 

 

pilot_5

2.  Bidang SDAB.

Penataan dan Pembinaan Sumber Daya Alam sebagai Logistik Wilayah Pertahanan, pengembangan Tananam Pangan Alternatif supaya terwujudnya ketahanan pangan suatu ketika muncul kedaruratan pangan di Kabupaten Belu.

 

 

 

 

 

 

 

pilot_33.  Bidang Sarpras. Penataan dan Pembinaan Sarana Prasarana Nasional sebagai Komduk Hanneg dengan melaksanakan pemeliharaan Poros Jalan Desa sebagai sarana prasarana dalam menghadapi kondisi kedarutan di wilayah tersebut.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

   pilot_6    pilot_4

 

Penyampaian Direktur Komponen Pendukung Ditjen Pothan Kemhan sebagai berikut:

  1. Terwujudnya kesamaan dan pemahaman tentang pentingnya peran Kementerian/Lembaga dan pemerintah daerah dalam penataan dan pembinaan SDM, SDAB dan sarana prasana (sarpras) nasional untuk mendukung Komduk Hanneg.

  2. Terlaksananya pilot project penaman sorgum sebagai bahan pangan alternative yang dapat ditranformasikan menjadi cadangan penyiapan logistik wilayah seluas 6 hektar dan

  3. Terbangunnya kerjasama dan sinergitas pelaksanaan kegiatan penataan dan pembinaan sumber daya manusia, sumber daya alam dan sumber daya buatan serta sarana prasana nasional untuk Komduk Haneg.

Dalam pelaksanaan kegiatan Penataan dan Pembinaan Komduk Hanneg di Atambua Kabupaten Belu, Provinsi NTT telah dilakukan penanda tanganan Surat Kesepakatan Kerjasama antara Direktur Komduk Ditjen Pothan Kemhan, dengan Kepala Desa Tulakadi serta Dandim 1605/Belu:

  1. Kesepakatan kerjasama dalam rangka kelancaran dan ketertiban pelaksanaan kegiatan Penataan Sarpras untuk Komduk Hanneg di Atambua TA.2017

  2. Kesepatan bersama tentang Pilot Project Penanaman Sorgum sebagai cadangan Logistik wilyah Komduk Hanneg.

   pilot_1   pilot_2




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia