Laporan Hasil Kunjungan Kerja Ke IDEF Dan FNSS Turki Dalam Rangka Program Joint Develoment Medium Tank

Senin, 17 Juli 2017

Istanbul – Turki. 10/05/2017 kunjungan kerja KEMHAN, tentang Internasional Defence Fair (IDEF) 2017 dan FNSS Turki dalam rangka program Joint Development Medium Tank. Kegiatan Utama delegasi adalah menghadiri peluncuran Prototipe – I Medium Weight Tank. Dalam kegiatan kunker tersebut juga dilaksanakan Trilateral Meeting antara Kemhan dengan PT. Pindad dan Tank di PT. Pindad, rencana penampilan prototipe Medium Weight Tank dalam Medium Weight Tank.

C

Pelaksanaan kunjungan kerja di mulai pada tanggal 10 s.d 16 Mei 2017, selama kegiatan kunjungan delegasi didampingi oleh Kolonel Laut (S) Yusliandi Ginting, SE., MMP (Athan RI di Turki) dan Mayor Kav Jeffri Pramono (Asathan RI di Turki).

Kegiatan kunjungan kerja ke Turki dimaksudkan menindaklanjuti program joint development medium tank RI – Turki yang di laksanakan oleh PT. Pindad dan FNSS, dimana tahun 2017 sudah Weight Tank. Kunjungan Kerja juga ditujukan untuk menyelesaikan hal – hal teknis terkait pembangunan prototipe – II di PT. Pindad dan rencana pelaksanaan mine Blast Test Hull Medium Tank.

Pelaksanaan kegiatan meliputi:

  1. Peluncuran Prototipe – I Medium Weight Tank di Ajang IDEF 2017

Dalam sambutannya Dirjen Pothan Kemhan (Dr. Sutrimo) mewakili Pemerintah Indonesia menyampaikan bahwa produksi kendaraan tempur Medium Weight Tank tidak hanya untuk mengisi kebutuhan Alustsista untuk kepentingan militer kedua negara akan tetapi juga untuk mengisi kebutuhan Alutsista untuk mengisi potensi pasar Medium Weight Tank yang cukup besar baik di Timur, Asia Tengah dan Termasuk Afrika.

  1. Trilateral Meeting antara Kemhan yang dipimpin oleh Dirtekindhan dengan PT. Pindad dan FNSS dan dihadiri juga oleh perwakilan Industri yang terlibat dalam Program Medium Weight Tank seperti: PT. LEN Industri untuk mengisi komponen Alkom Medium Tank, dan PT. Hariff DTE yang akan mengisi komponen Battlefield Management System (BMS) medium Weight Tank.

  2. Site Visit ke FNSS – Turki di Ankara pada tanggal 15 Mei 2017. Kegitan dipimpin oleh Kasubdit Perijinan sebagai Lead program Medium Tank dan didampingi oleh Direksi PT. Pindad dan GM PT LEN Industri.B

Dari hasil kunjungan kerja Kemhan pada tahun 2017, yang diadakan di Istambul – Turki, menyimpulkan bahwa:

  1. Peluncuran Prototipe – I Medium weight Tank di ajang pameran Internasional IDEF 2017 menunjukkan bahwa Tank tempur hasil pengembangan kedua negara RI – Turki telah siap memasuki pangsa pasar Internasional di Tahun 2018 dan ini sekaligus menunjukkan bahwa program sesuai dengan joint Development Medium Weight Tank telah berjalan dengan baik sesuai dengan baik sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan (On the track and on scheduled).

  2. Perwakilan penggunaan yang turut menjadi bagian dari Delegasi kunjungan kerja ke Turki juga menyatakan kepuasannya prototipe Medium Weight Tank yang di hasilkan dari program Joint Development RI – Turki dan mengharapkan prototipe tersebut nantinya dapat menjadi Tank tempur utama untuk satuan – satuan Kavaleri.

  3. Dua pending isu terkait rencana pelaksanaan Mine Blast Test dan rencana penampilan Prototipe Medium Weight Tank. di Hut TNI tetap menjadi fokus penyelesaian bagi PT. Pindad dan FNSS untuk dapat diselesaikan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Pihak Indonesia akan membahas proposal dari FNSS segera setelah proposal detail dan komprehensif dikirim oleh FNSS




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia