Kegiatan Pkbn Pada Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru

Rabu, 2 Agustus 2017

Kementerian Pertahanan tahun ini membuka Rapat Koordinasi Pembekalan kepada Rektor/Ketua/Direktur dan Koordinator Kopertis Perguruan Tinggi se-Indonesia. Pertemuan ini dilakukan dalam rangka Pembinaan Kesadaran Bela Negara (PKBN) bagi mahasiswa baru 2017.

Rakor Pembekalan ini merupakan tindak lanjut Kesapakatan bersama antara Menteri Pertahanan dengan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menrisetekdikti) yang telah ditandatangani pada tanggal 6 Agustus 2016.

Kesepakatan tersebut kemudian ditindaklanjuti dengan Surat Menteri Pertahanan kepada Menrisetekdikti pada bulan Maret 2017 tentang pelaksanaan Pembinaan Kesadaran Bela Negara dan kegiatan pengenalan Kampus. Kegiatan Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (Ospek) akan diisi dengan materi Bela Negara untuk membangun perilaku Cinta Tanah Air pada mahasiswa.

Perguruan Tinggi tidak hanya berperan dalam membentuk generasi yang berkualitas dalam hal intelektual saja, tetapi, Perguruan Tinggi juga harus membentuk generasi yang mampu menjaga keutuhan dan kelangsungan hidup bangsa serta negara. Kesadaran menjaga persatuan dalam kebinekaan, taat hukum, disiplin, memiliki, daya juang tinggi, kerelaan berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara, yakni setia kepada Pancasila dan UUD 1945.

Dengan berbekal nilai-nilai tersebut para mahasiswa diharapkan mampu membentengi diri dari berbagai pengaruh yang dapat berpotensi menjadi ancaman yang membahayakan dirinya, lingkungannya hingga bangsa dan negaranya.

Dengan demikian, para intelektual muda yang dihasilkan dari perguruan tinggi akan selalu jadi ‘role mode’ bagi generasi muda lainya di Indonesia maupun dunia.

Melalui kegiatan Pembinaan Kesadaran Bela Negara (PKBN) ini diharapkan setiap mahasiswa juga memiliki kesadaran dan tanggung jawab atas dirinya, untuk mengaktualisasikan nilai-nilai bela negara dalam kehidupan sehari-hari baik di dalam maupun di luar kampus. Pembekalan bela negara ini harus dilaksanakan setiap tahunya bukan hanya pada mahasiswa baru tetapi juga mahasiswa secara keseluruhan. Kegiatan Pembinaan Kesadaran Bela Negara ini hendaknya dilaksanakan setiap tahun kepada mahasiswa baru dan tidak menutup kemungkinan kepada mahasiswa secara keseluruhan.

Untuk pelaksaanan Pembinaan Kesadaran Bela Negara ini, para rektor/ketua/direktur dan koordinator Kopertis Perguruan Tinggi dapat berkoordinasi dengan Institusi terkait di daerah sebagaimana juga telah disepakati sebelumnya yaitu dengan institusi TNI, Polri, Pemda dan Lembaga terkait.

Kegiatannya di Kemhan berlangsung dua hari, pada 25-26 Juli 2017. Pada hari kedua, para peserta selain akan mendapatkan pengarahan dari Menhan Ryamizard Ryacudu, juga akan mendengarkan penerangan dari empat Menteri Kabinet Kerja lainnya. Mereka ialah Menristek Dikti Mohamad Nasir, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, dan Menteri Koordinator Politik Hukum dan HAM Wiranto.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia