Sosialisasi RUU Pengelolan Sumber Daya Nasional (PSDN) untuk Pertahanan Negara di Jayapura

Kamis, 22 Februari 2018

sos RUU-1

Direktorat Komponen Cadangan Ditjen Potensi Pertahanan Kementerian Pertahanan bekerjasama dengan Universitas Cenderawasih Jayapura Pada hari Kamis tanggal 22 Februari 2018, menyelenggarakan kegiatan sosialisasi RUU PSDN untuk Pertahanan Negara di Lingkungan Akademisi di Jayapura dilaksanakan di Aula Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Cenderawasih Jayapura, diikuti 175 peserta terdiri dari civitas akademika dan mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi yang ada di Jayapura.

sos RUU-2

Kegiatan Sosialisasi RUU PSDN untuk Hanneg di Jayapura Tim dari Kementerian Pertahanan dipimpin oleh Kolonel Lek Dewa Gede Agung Putra, S.T. dengan Narasumber Dr. DKS Nugraha, SP. M.Si. M.BA (Direktur Center for Strategic Development Studies Universitas Indonesia). Adapun tim pendukungnya antara lain Letkol Sus Muhamad Ridwan, S.Pd. M.Pd, PNS Sundari, S.Sos., dan PNS Sulasmiyati. Hadir sekaligus membuka kegiatan sosialisasi tersebut adalah Pembantu Rektor III Drs. Frederik Sokoy, M.Si.

sos RUU-3

Pembantu Rektor III menekankan pentingnya menumbuh kembangkan cinta tanah air dan bela negara bagi seluruh masyarakat Papua dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Sementara itu Letkol Sus Muhamad Ridwan, S.Pd., M.Pd. dalam paparannya menyampaikan mengenai Latar Belakang lahirnya RUU PSDN, Manfaat RUU PSDN bagi Bangsa Indonesia, Urgensinya RUU PSDN tentang Hanneg, Aspek Strategis dan Potensi Ancaman bagi bangsa Indonesia saat ini dan di masa mendatang. Sementara itu Dr. Nugraha, SP. M.Si. M.BA sebagai Narasumber menyampaikan tentang kondisi alam Papua dengan sumber daya alam yang melimpah merupakan potensi yang bisa dimanfaatkan untuk kepentingan pertahanan negara.

sos RUU-4Di sisi lain beliau menyampaikan pengaruh perubahan lingkungan yang sangat kompleks, fenomena global, isu-isu strategis, pengaruh hubungan internasional, sosial ekonomi, politik, sumber daya lingkungan, air, makanan, energi dan mineral.Acara yang dilaksanakandi Kampus Uncen ini merupakan pelaksanaan program kerja Subdit Matra Udara TW I TA 2018 dan mendapat sambutan hangat dan apresiasi yang tinggi dari para Mahasiswa yang mengikuti acara Sosialisasi ini.(Red. Bag Datin).




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia