PEMBENTUKAN KADER BELA NEGARA BAGI MASYARAKAT PERBATASAN DI KEC.TASIFETO TIMUR KAB. BELU PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR TANGGAL 14 S.D. 15 MEI 2018.

Selasa, 15 Mei 2018

ntt 1Direktorat Bela Negara Ditjen Pothan Kemhan melaksanakan kegiatan Program Pembinaan Kesadaran Bela Negara (PKBN) di Wilayah Perbatasan RI (NTT) -Timor Leste di 2 (dua) wilayah Kabupaten di Kec. Tasifeto Timur Kab. Belu dan Kecamatan Kobalima Kab. Malaka yang dilaksanakan secara serentak dari tanggal 14 s.d. 15 Mei 2018. Kegiatan ini dibuka oleh Pejabat As III Kab. Belu dan As II Kab. Malaka. Peserta terdiri dari masyarakat perbatasan RI (Perangkat Desa, guru, tokoh masyarakat dan pelajar) dari masing-masing Kecamatan dengan jumlah peserta 100 orang.

ntt 2Dalam kegiatan tersebut para peserta menerima pengetahuan seperti Kearifan Lokal, Bencana alam, Pencegahan narkoba, Wawasan Kebangsaan, Terorisme dan tataran Dasar Bela Negara, selain menerima materi pelajaran peserta juga melaksanakan aksi sosial yang diaplikasikan di lapangan dengan membersihkan lingkungan dan donor darah yang merupakan bentuk kepedulian kepada masyarakat lingkungan sekitar untuk menanamkan rasa cinta Tanah Air.

ntt 3

Kegiatan Kesadaran Bela Negara yang dilaksanakan di Daerah Perbatasan bukan ditujukan latihan kemiliteran atau wajib militer melainkan wujud amanat UUD 1945 Pasal 27 dan Pasal 30 yang diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari untuk lebih baik, yakin pada Pancasila sebagai Ideologi Negara, rela berkorban demi Bangsa dan Negara. Sehingga menjaga kedaulatan wilayah NKRI bukan tanggungjawab TNI dan Institusi terkait saja tapi merupakan tanggungjawab seluruh komponen Bangsa. (Red. Bang Datin)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia