KEGIATAN NATIONAL SEMINAR ON MINE BLAST TEST FOR MEDIUM TANK PT. PINDAD (PERSERO) TANGGAL 12 S.D. 13 JULI 2018 DI BANDUNG

Kamis, 12 Juli 2018

seminar

Dirjen Pothan Kemhan Prof. Dr. Ir. Bondan Tiara Sofyan, M.Si sebagai Narasumber pada Kegiatan National Seminar On Mine Blast Test For Medium Tank PT Pindad (Persero) dimana Dirjen Pothan Kemhan sebagai Pembicara dengan Tema “ Pengembangan Medium Tank sebagai percepatan Kemandirian Bangsa”. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 12 Juli s.d. 13 Juli 2018 di Bandung – Jawa Barat.

1

Tank medium merupakan program pemerintah yang termasuk pada 7 (tujuh) pengembangan strategis Kementerian Pertahanan untuk meningkatkan kemampuan BUMNIS agar dapat bersaing dengan Industri Pertahanan Luar Negeri.
Tank medium generasi terbaru ini dilengkapi kemampuan perlindungan yang luas, dari perlindungan jarak dekat untuk pasukan infantri hingga pertempuran antar-kendaraan tempur. Tank medium Pindad memiliki bobot tempur 32 ton, daya
engine 711 HP dilengkapi transmisi otomatis, kecepatan maksimal 70 km/jam, dapat menampung 3 kru, yang terdiri dari komandan, penembak, dan pengemudi, serta memiliki senjata utama turret kaliber 105 mm yang memiliki daya hancur besar.

3


Tank medium dilengkapi berbagai teknologi terbaru, seperti sistem kewaspadaan mandiri,
hunter killer system, perlindungan pasif (laser warning system), battle management system, serta proteksi balistik yang tinggi. Turret tank medium memiliki mekanisme autoloader dengan 12 butir peluru di turret dan 26 butir peluru cadangan di dalam hull.

2

Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan Mine Blast Test Medium Tank dan sebagai sarana untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman yang lebih dalam tentang pengujian perlindungan kendaraan terhadap ledakan ranjau sesuai standar Internasional STANAG 4569. Kegiatan ini berjalan dengan baik dan lancar. ( Red. Bag Datin)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia