PEMBENTUKAN KADER BELA NEGARA BAGI SUKU BANGSA TA.2018 TANGGAL , 25 JULI 2018

Rabu, 25 Juli 2018

1

Pembentukan Kader Bela Negara Suku Bangsa TA. 2018 pada tanggal 25 Juli 2018 berlangsung di Gd. Urip Soemohardjo dipimpin Dirjen Pothan Kemhan Prof. Dr, Ir. Bondan Tiara Sofyan, M.Si dan dihadiri pejabat eselon II, III dilingkungan Ditjen Pothan Kemhan serta peserta Bela Negara dari suku-suku yang ada di Indonesia.

2

Sejumlah 200 peserta Kader Bela Negara mengikuti pembentukan Kader Bela Negara. Dalam sambutannya Dirjen Pothan Kemhan menyampaikan bahwa Bela Negara merupakan sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara kesatuan Negara RI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam menjamin kelangsungan hidup Bangsa dan Negara. Bela Negara selain sebagai kewajiban dasar manusia juga merupakan kehormatan bagi setiap warga Negara untuk berbuat yang terbaik kepada Negara dan Bangsa.

3

Keberagaman profesi yang dilakukan berbagai suku bangsa merupakan bentuk kekuatan bangsa sehingga perlu kebersamaan dan kohensitas peran dan fungsi masing-masing yang berdampak bagi penguatan persatuan dan kesatuan bangsa. Membangun Kesadaran Bela Negara sangat penting untuk ditanamkan kepada seluruh warga Negara sebagai landasan sikap dan perilaku bangsa Indonesia, hal ini merupakan bentuk revolusi mental sekaligus untuk membangun daya tangkal bangsa dalam menghadapi kompleksitas dinamika ancaman sekaligus untuk mewujudkan Ketahanan Nasional.

4

5

Kesadaran Bela Negara harus ditanamkan dan ditumbuhkembangkan sejak dini, dimulai dari diri sendiri, lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat sehingga menjadikan karakter Bangsa Indonesia. Sehingga setelah mengikuti Pembentukan Kader Bela Negara ini diharapkan mampu menyebarluaskan Kesadaran Bela Negara kepada masyarakat melalui “Aksi Nyata” aktualisasi nilai-nilai Bela Negara di lingkungan masing-masing sehingga bermanfaat bagi masyarakat luas serta dapat menumbuhkembangkan Kesadaran Bela Negara yang dapat diaktualisasikan dalam peran dan profesi setiap warga Negara dari berbagi suku guna menjadikan modal sosial bangsa membangun diri menjadi bangsa yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian. (Red. Bag Datin)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia