PENANDATANGANAN KONTRAK BANGTEKINDHAN TAHUN 2018 TANGGAL 26 JULI 2018

Kamis, 26 Juli 2018

1

Dirjen Pothan Kemhan Prof. Dr, Ir. Bondan Tiara Sofyan, M.Si melaksanakan kegiatan penandatanganan kontrak Bangtekindhan TA. 2018 pada tanggal 26 Juli 2018 bertempat di Rupat Dirjen Pothan Kemhan Lt. 2 Gd. R. Soeprapto

2

Kegiatan Program Bangtekindhan dilaksanakan untuk menghasilkan Alpalhankam yang siap diproduksi dan dapat merupakan kelanjutan dari pekerjaan prototipe hasil institusi Litbang/Industri maupun dari hasil rekayasa ulang terhadap produk yang sudah proven. Tujuan Program Bangtekindhan adalah untuk menghasilkan Alpalhankam yang berkualitas dalam rangka memenuhi kebutuhan pengguna/user. Kegiatan Progam Bangtekindhan menggunakan Rupiah Murni (RM). Adapun 4 (empat) Program Bangtekindhan (First Article Sapta Pangrungu, First Article Remote Control Weapon System, First Article Mini Mobile Target Torpedo, First Article Air Combat Manouvering Instrument untuk Pesawat Sukhoi) dan 1 (satu) Program Binpottekindhan (Reverse Engineering Inertial Navigation System)

3

Mekanisme Program Bangtekindhan : Mendapatkan usulan program dari Litbang Angkatan dan Balitbang Kemhan berupa produk atau prototype maupun yang masih dalam penyelesaian litbang termasuk program hasil kerjasama Industri Pertahanan dengan pengguna (Litbang Angkatan): Dibentuk Tim Bangtekindhan oleh Dirjen Pothan yang terdiri dari pejabat Kemhan dan TNI serta tenaga ahli yang memiliki kewenangan menyeleksi hasil program Litbang (berupa prototype), kemampuan industri serta kebutuhan user untuk menjadi program Bangtekindhan serta memberikan rekomendasi kepada pimpinan agar program Bangtekindhan dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan industri Pertahanan dalam rangka pemenuhan kebutuhan Alpalhankam Pengguna (TNI).

4

Penadatanganan kontrak Bangtekindhan TA. 2018 meliputi :

1. FA Air Combat Manouvering Instrument (ACMI) untuk pesawat Sukhoi penyedianya PT. TRESS

2. FA Remote Control Weapon System (RCWS) penyedianya PT. Respati Solusi Rekatama

3. FA Mini Mobile Target Torpedo (MMTT) penyedianya PT. Robo Marine Indonesia

4. FA Sapta Pangrungu penyedianya PT.Langgeng Sejahtera Kreasi Komputasi ( LSKK)

5. Reverse Engineering Inertial Navigation System (INS) penyedianya PT. Infoglobal Teknologi Semesta (ITS)

5

Output/Outcome dari Program Bangtekindhan diantaranya Produk terpilih sudah memiliki sertifikasi produksi selain sertifikasi Prototype; Lini/fasilitas produksi Industri yang diberi tugas telah tersertifikasi dan dokumen daftar produk yang terpilih berkualitas untuk ditindaklanjuti dengan proses pengadaan. Kegiatan Penandatanganan kontrak Bangtekindhan TA. 2018 berjalan dengan tertib dan lancar. (Red. Bag Datin)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia