PEMBENTUKAN KARAKTER BANGSA MAHASISWA UNHAN

Kamis, 23 Agustus 2018

Pembentukan Karakter Bangsa Mahasiswa Unhan dilaksanakan pada tanggal 21 Agustus 2018. Pada kesempatan ini Direktur Bela Negara Kolonel Inf. Tandyo Budi Revita, S.Sos memberikan pembekalan kepada 268 mahasiswa Unhan.

1

Pembinaan Kesadaran Bela Negara dilaksanakan pada lingkungan pendidikan, lingkungan pemukiman dan lingkungan pekerjaan. Untuk mencapai tujuan dan sasaran tersebut, maka pembinaan kesadaran Bela Negara diselenggarakan secara simultan, terpadu dan menyeluruh serta berlanjut, selaras dengan sasaran Pembangunan Nasional baik secara psikis maupun secara fisik. Sasaran psikis dimaksud untuk menumbuhkan sikap mental, antara lain cerdas, kritis, kreatif, proaktif, disiplin, bertanggung jawab, tahan uji, pantang menyerah dan rasa bangga sebagai warga negara Republik Indonesia, sedangkan sasaran fisik dimaksudkan membentuk sikap dan perilaku menghargai nilai-nilai kesehatan dan memiliki fisik yang kuat, tangkas,terampil dan disiplin.

3

Penyelenggaraan Pembinaan Kesadaran Bela Negara dilaksanakan sejak usia dini  hingga  usia dewasa  guna membangun karakter bangsa Indonesia yang cinta tanah air, rela berkorban demi negara dan bangsa, yakin Pancasila sebagai ideologi negara, memiliki kesadaran berbangsa dan bernegara serta memiliki kemampuan awal bela negara, baik secara psikis maupun secara fisik.

Bela Negara merupakan sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara kesatuan Negara RI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam menjamin kelangsungan hidup Bangsa dan Negara. Bela Negara selain sebagai kewajiban dasar manusia juga merupakan kehormatan bagi setiap warga Negara untuk berbuat yang terbaik kepada Negara dan Bangsa. (Red. Bag Datin)

.

♥ KOMENTAR, SARAN, MASUKAN… KIRIM KE : komentar.pothan@kemhan.go.id

♦ FOTO-FOTO KEGIATAN PEMBENTUKAN KARAKTER BANGSA DI MAHASISWA UNHAN KLIK DISINI




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia