FORUM DEFENCE INDUSTRY COOPERATION MEETING (DICM) RI- CHINA KE -7 28 AGUSTUS 2018

Selasa, 28 Agustus 2018

Dirjen Pothan Prof. Dr. Bondan Tiara Sofyan, M.Si. memimpin Defence Industry Cooperation Meeting (DICM) RI-China ke-7. Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Golden Boutiqe Jl. Angkasa No.1 Kemayoran- Jakarta, pada tanggal 28 Agustus 2018. Forum DICM ini dibuka oleh Dirjen Pothan Kemhan Prof. Dr. Ir Bondan Tiara Sofyan M.Si, Ketua delegasi rombongan dari China dipimpin oleh Deputy Director General, Department of Military Trade & Foreign Affairs, SASTIND Mr. MA. Weihu didampingi 11 orang delegasi rombongan China.

1

kegiatan ini berlangsung selama sehari serta mengundang beberapa pejabat militer dan Direktur Industri Pertahanan kedua negara. Forum Pertemuan (DICM) RI-China yang ke-7 merupakan implementasi dari Kerjasama Industri Pertahanan antara Kementerian Pertahanan Republik Indonesia dan China. Semangat kerjasama ini adalah untuk meningkatkan kemitraan antara Industri Pertahanan Indonesia dan China. 

2

Dalam pertemuan bilateral tersebut juga telah dibahas beberapa kegiatan yang penting, diantaranya meningkatkan kerjasama pertahanan dengan memperluas area kerjasama dengan melibatkan peran angkatan bersenjata kedua negara sebagai mitra strategis dalam menghadapi dinamika keamanan dikawasan. Selain itu juga di bahas kebijakan dan kemampuan Industri Pertahanan masing-masing negara, membahas tentang kemungkinan implementasi kerjasama Industri Pertahanan untuk memenuhi kebutuhan pertahanan.

.

4

Pertemuan DICM yang ke-7 ini telah menghasilkan kesepakatan kerjasama yang sangat baik. Hal yang sama diharapkan pada DICM yang ke-7, untuk beberapa bidang bisa mendapatkan hasil yang lebih dalam. Begitu juga pada tahun-tahun selanjutnya diharapkan akan mendapatkan kerjasama yang lebih dalam bagi Industri Pertahanan sehingga dapat memberikan hasil yang nyata bagi kedua negara. Khusus kerjasama bidang pertahanan telah diadakan dengan baik dalam berbagai kerangka forum pertemuan Bilateral RI-China. Dalam pertemuan bilateral tersebut juga telah dibahas beberapa kegiatan yang penting, diantaranya meningkatkan kerjasama pertahanan dengan memperluas area kerjasama dengan melibatkan peran angkatan bersenjata kedua negara sebagai mitra strategis dalam menghadapi dinamika keamanan

3

Diharapkan apa yang telah dihasilkan dan diputuskan dalam pertemuan ini dapat dihasilkan” Minutes of Meeting” (MoM) yang dapat diimplementasikan menjadi langkah nyata dalam kerjasama yang dapat saling menguntungkan bagi kedua Negara serta meneruskan forum dialog strategis ini dalam pertemuan forum bilateral yang sudah ada sehingga pertemuan DCIM ini dapat terus dilaksanakan dengan baik dan menghasilkan pertemuan yang produktif untuk kedua belah pihak dimasa yang akan datang. Kegiatan DCIM ini dilanjutkan dengan acara makan malam resmi yang dihadiri oleh kedua Negara. Kegiatan Forum Defence Industry Cooperation Meeting (DICM) RI- China Ke -7 ini berlangsung dengan tertib,aman dan lancar. (Red. Bag Datin)

.

♥ KOMENTAR, SARAN, MASUKAN… KIRIM KE : komentar.pothan@kemhan.go.id




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia