KEGIATAN PENDIDIKAN KESADARAN BELA NEGARA (PKBN) PADA PENGENALAN KEHIDUPAN KAMPUS MAHASISWA BARU (PKKMB) TAHUN 2018 DI UNIVERSITAS SYIAH KUALA-BANDA ACEH 29 AGUSTUS 2018

Rabu, 29 Agustus 2018

Dirjen Pothan Kemhan Prof. Dr. Ir Bondan Tiara Sofyan M.Si mewakil Menteri Pertahanan RI memberikan kuliah umum pada kegiatan Pendidikan Kesadaran Bela Negara (PKBN) Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa baru (PKKMB) 2018 di Universitas Syiah Kuala Banda Aceh, kegiatan ini diikuti oleh ± 6000 orang mahasiswa Universitas Syiah Kuala bertempat di Universitas Syiah Kuala Banda Aceh, pada hari Rabu tanggal 29 Agustus 2018, dengan materi Bela Negara dan Wawasan Kebangsaan. Kegiatan diselenggarakan dalam mendukung program Pembinaan Kesadaran Bela Negara pada Pengenalan Kehidupan Kampus bagi mahasiswa baru Tahun 2018

1

Bela Negara merupakan sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara kesatuan Negara RI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam menjamin kelangsungan hidup Bangsa dan Negara.

2

Bela Negara selain sebagai kewajiban dasar manusia juga merupakan kehormatan bagi setiap warga Negara untuk berbuat yang terbaik kepada Negara dan Bangsa. Seluruh mahasiswa diharapkan paham sejarah dan dasar kebangsaan : Pancasila , UUD 1945, BTI, NKRI , Cinta Tanah air, bangga NKRI dan semangat berani berkorban membela keutuhan NKRI

3

Penekanan yang diberikan oleh Dirjen Pothan Kemhan Prof. Dr. Ir Bondan Tiara Sofyan M.Si kepada seluruh Mahasiswa Universitas Syiah Kuala Banda Aceh diantaranya

1. Agar seluruh Mahasiswa belajar keras dan pantang menyerah, menggunakan waktu secara efektif dan berorganisasilah guna membangun jejaring.

2. Mencintai Negara Republik Indonesia dengan menggunakan produk dalam Negeri Indonesia sehingga dapat mengenali Tanah Air Indonesia.

3. Bangun Diri dengan memiliki knowledge, skill dan attitude yang diharapkan sehingga dapat menjadi pemimpin yang memberikan solusi dan mengedepankan hati nurani , pandai merasa bukan merasa pandai.

4. Ilmu pengetahuan memang faktor penting yang menjadikan generasi bangsa yang cerdas. Namun kecerdasan tersebut tidak akan berarti apa-apa jika diperkaya dengan karakter dan wawasan kebangsaan yang kuat.

5. Jadilah Kader Muda Bela Negara yang menjadi role model bagi masyarakat yang membawa kontribusi positif bagi peningkatan kesadaran Bela Negara di masyarakat.

4

Kegiatan Pendidikan Kesadaran Bela Negara (PKBN) Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa baru (PKKMB) 2018 di Universitas Syiah Kuala Banda Aceh berlangsung dengan tertib, aman dan lancar (Red. Bag Datin)

.

♥ KOMENTAR, SARAN, MASUKAN… KIRIM KE : komentar.pothan@kemhan.go.id




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia