UJI DINAMIK ROKET R-HAN 122B TAHAP II TA. 2018 DI SUKABUMI – JAWA BARAT 10 DESEMBER 2018

Senin, 10 Desember 2018

berita1

Kegiatan Uji Dinamik Roket R-Han 122B Tahap II TA. 2018 dilaksanakan pada tanggal 10 Desember 2018, bertempat di Pantai dan Teluk Pelabuhan Ratu, Sukabumi Jawa Barat. Kegiatan ini dipimpin oleh Dirjen Pothan Kemhan Prof. Dr. Ir. Tiara Bondan Sofyan, M.Si. Dalam kegiatan ini juga dihadiri oleh Dirtekind Ditjen Pothan Kemhan Laksma TNI Edy Sulistyadi, ST. Pejabat Balitbang Kemhan, Kapuslaik Baranahan Laksma TNI Sriyanto, ST, Tim Ahli Bapak Sofyan, Bapak Mangaratua , Ketua Timlak KKIP , Dankormar , Irada Itjen Kemhan , Para pejabat dari Industri selaku konsorsium Rhan 122B, PT. Pindad, Lapan serta undangan lainnya.

Kegiatan ini telah didahului oleh Tim Teknis untuk melaksanakan geladi dengan penembakan sejumlah roket pada tanggal 09 Desember 2018. Sehingga pada pagi hari ini ditembakkan yaitu beberapa roket secara salvo dengan hasil sukses dan lancar. Kegiatan selanjutnya konsorsium roket akan memproduksi ± 90 unit roket akan di Uji tembak pada tahun 2019. Adanya tujuh program nasional yang salah satunya program pengembangan roket nasional adalah dalam rangka memenuhi kebutuhan TNI untuk Alutsista sesuai tuntutan operasional masa depan, membangun tingkat kemandirian yang lebih tinggi dan meningkatkan kinerja industri pertahanan dalam negeri.

berita2

Uji Dinamik ke-3 Roket R-Han 122B Tahap II pada hari ini, selain merupakan salah satu forum pembelajaran dalam mengejar teknologi peroketan di lingkungan Kemhan dan TNI, juga dapat digunakan sebagai wadah koordinasi guna mewujudkan sinkronisasi, serta sebagai sarana evaluasi dan diskusi dalam proses penyelenggaraan kegiatan litbanghan antar industri pertahanan. Diharapkan dapat diperoleh kesamaan visi dan persepsi maupun pemahaman tentang mekanisme kerja Roket dan bagaimana mengoperasionalkan, merawat Roket secara baik dan benar dalam meningkatkan kualitas produk dan mengurangi ketergantungan terhadap produk luar negeri. Hasil akhir dari kegiatan penyempurnaan oleh Konsorsium telah dibuktikan pada hari ini dengan melaksanakan Uji Dinamik Roket R-Han 122B Tahap II, kita berharap hasil yang dicapai oleh konsorsium akan maksimal sehingga kedepan akan didorong untuk memenuhi TNI AL. Kementerian Pertahanan akan terus mendorong pemenuhan kebutuhan Roket dari dalam negeri dengan berbagai Spektek untuk memenuhi kebutuhan Tri Matra (TNI AD, TNI AL, dan TNI AU). Kegiatan uji Dinamik Roket R-Han 122 B Tahap II tahun 2018 ini berjalan dengan tertib, aman dan lancar. (Red. Bag Datin)

.

♥ KOMENTAR, SARAN, MASUKAN… KIRIM KE : komentar.pothan@kemhan.go.id

♦ FOTO KEGIATAN KLIK DISINI




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia