KEGIATAN PEMBINAAN ROHANI AGAMA ISLAM BAGI SELURUH ANGGOTA DITJEN POTHAN KEMHAN TANGGAL 9 JANUARI 2019

Kamis, 10 Januari 2019

DT 1Kegiatan pembinaan Rohani Agama Islam di lingkungan Ditjen Pothan Kemhan berlangsung pada hari Rabu tanggal 9 Januari 2019, Kegiatan ini dipimpin oleh Kabag Um Setditjen Pothan Kemhan Kolonel Laut (E) Tatang Sukaeji dengan penceramah Ustad Zetri Antoni, S. Sos, Tema kegiatan ini “ Momentum Tahun Baru 2019 Sebagai Sarana untuk Mensyukuri Nikmat Umur dan Refleksi Diri ” bertempat di Aula Abdi Negara Lantai 8 kegiatan dihadiri oleh seluruh anggota Ditjen Pothan Kemnhan.

 

DT2Dalam ceramahnya Ustad Zetri Antoni, S. Sos. Menyampaikan tentang sifat dan keutamaan dari “ Sabar ,” Sabar berasal dari kata sobaro yasbiru yang artinya menahan, kita harus bisa menahan hawa nafsu yang bertentangan dengan aturan agama sabar dari kezoliman. Sekali lagi tidak semua orang bisa memperoleh kemenangan dan kenikmatan dalam kesabaran karena dari awal tidak bisa menahannya, oleh karena itu kita harus selalu mendekatkan diri kepada Allah Swt, agar mendapatkan kesabaran yang tidak terbatas. Atas dasar itu bersyukur atas nikmat Allah merupakan kewajiban seorang muslim. Namun seorang muslim harus memahami bagaimana cara merefleksikan rasa syukur secara benar. Betapa banyak orang merefleksikan rasa syukurnya dengan cara-cara yang bertentangan dengan prinsip-prinsip syukur itu sendiri. Misalnya, ada orang yang mewujudkan rasa syukurnya dengan cara mabuk-mabukkan, pesta pora, pergi ke tempat-tempat maksiat, bernyanyi-nyanyi hingga melupakan kewajibannya, dan seterusnya.

DT3Bahwa syukur harus direfleksikan dengan cara beribadah dan memupuk ketaatan kepada Allah Swt dan meninggalkan maksiat. Ibadah dan taat kepada Allah Swt serta meninggalkan larangan-larangan Allah Swt merupakan perwujudan rasa syukur yang sebenarnya. Seorang yang selalu taat kepada Allah Swt, menjalan seluruh aturan-aturan Nya dan sunnah Nabinya pada hakekatnya ia adalah orang-orang yang senantiasa bersyukur kepada Allah swt. Allah swt telah menyatakan dengan sangat jelas bahwa, orang-orang yang mau bersyukur atas nikmat yang diberikanNya sangatlah sedikit. Kebanyakan manusia ingkar terhadap nikmat yang diberikan Allah kepada mereka.Tatkala mendapatkan kenikmatan mereka sering melupakan Allah Swt. Akan tetapi, tatkala mendapatkan kesusahan mereka ingat dan bersyukur kepada Allah. Namun setelah terlepas dari penderitaan mereka kembali ingkar kepada Allah Swt oleh karena itu ditahun 2019, kita harus meningkatkan Iman dan taqwa kepada Allah, lebih kreatif dalam bekerja, disiplin, loyalitas dalam bekerja yang dilandasi dengan tujuan ibadah mencari Ridhonya. Kegiatan ceramah ini berjalan dengan tertib, aman dan lancar (Red Bag Datin)

♦ KOMENTAR, SARAN, MASUKAN…KIRIM KE : komentar.pothan@kemhan.go,id

♥ FOTO-FOTO KEGIATAN KLIK DISINI




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia