RAPAT KERJA TEKNIS DITJEN POTHAN KEMHAN TA. 2019 TANGGAL 29 JANUARI 2019

Kamis, 31 Januari 2019

Dirjen Pothan Kemhan Prof. Dr. Ir Bondan Tiara Sofyan. M.Si Memimpin Rakernis Kemhan TA. 2019 pada tanggal 29 Januari 2019 bertempat di Aula Bela Negara Lt. 8 Gd. R. Suprapto, kegiatan ini dihadiri oleh Irku Itjen Kemhan, Karorenku Unhan Kemhan, Pejabat Eselon II, III dan IV Jajaran Ditjen Pothan Kemhan.

Dalam sambutanya Dirjen Pothan Kemhan menyampaikan bahwa Rakernis ini merupakan tindak lanjut dari Rapim UO Kemhan TA. 2019. Yang mempunyai nilai sangat penting terhadap arah kebijakan pimpinan serta untuk mensinkronisasikan dan mempertajam pelaksanaan program kerja Ditjen Pothan Kemhan TA. 2019. Secara umum program TA. 2018 sudah dilaksanakan dengan baik, namun masih ada hambatan dan kendala serta terdapat hal-hal yang belum terselesaikan dan harus diselesaikan dengan segera pada TA. 2019. Oleh karena itu perlu tindaklanjut yang optimal guna penyempurnaan pelaksanaan program kerja TA. 2019.

Terkait dengan akuntabilitas pelaksanaan program kerja, pimpinan juga menekankan agar Subsatker didalam pengelolaan anggaran supaya disesuaikan dengan peraturan yang berlaku dan berpedoman pada asas pengelolaan keuangan negara yang efektif, efisien, akuntabel, professional, proporsional, terbuka dan berorientasi pada hasil serta dilaksanakan dengan tepat waktu dan tepat sasaran. Hal ini dimaksudkan agar laporan keuangan dapat diselesaikan dengan sebaik-baiknya.

Adapun Pokok-Pokok Kebijakan Ditjen Pothan Kemhan tahun 2019 adalah sebagai berikut:

  1. Terbangunnya sistem informasi manajemen Veteran yang terintegrasi dengan Kementerian dan Lembaga terkait sehingga tecapai kesejahteraan Veteran RI.

  1. Pembinaan Kesadaran Bela Negara diwujudkan untuk mengembangkan jati diri dan karakter bangsa oleh seluruh pemangku kepentingan baik di tingkat pusat, daerah maupun masyarakat/komponen bangsa dalam menciptakan tatanan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

  1. Menyelesaikan program legislasi nasional prioritas 2019 tentang RUU PSDN untuk Hanneg menjadi Undang-Undang PSDN untuk Hanneg.

  1. Meningkatkan sinergitas kelembagaan dalam rangka penataan dan pembinaan SDM, SDAB dan Sarprasnas sebagai Komponen Pendukung Pertahanan Negara.

  1. Guna mewujudkan pertahanan yang berdaya gentar tinggi maka perlu peningkatan penguasaan Teknologi Industri Pertahanan guna melaksanakan pengembangan prototype, pengembangan alutsista serta mendorong proses produksi First Article.

Guna mengakselerasi segenap kebijakan tersebut, penekanan pimpinan dalam mengelola anggaran dengan tepat dan mencegah adanya penyimpangan, perlu peningkatan koordinasi, integrasi, sinkronisasi dan supervisi dalam penyelenggaraan fungsi pertahanan negara, selain itu adanya percepatan dan terobosan pelaksanaan kegiatan dalam merealisasikan arah dan sasaran kebijakan pertahanan negara TA. 2019, serta komitmen dan konsistensi dalam mewujudkan Pertahanan Negara yang tangguh.

Selanjutnya rangkaian kegiatan Rakernis ini juga diisi dengan penyampaian tentang refleksi Progja 2018, Proyeksi Progja 2019 oleh masing-masing Para Sub Satker antara lain:

  1. Sesditjen Pothan Kemhan

  2. Direktorat Veteran Ditjen Pothan Kemhan

  3. Direktorat Bela Negara Ditjen Pothan Kemhan

  4. Direktorat Komponen Cadangan Ditjen Pothan Kemhan

  5. Direktorat Komponen Pendukung Ditjen Pothan Kemhan

  6. Direktorat Teknologi Industri Pertahanan Ditjen Pothan Kemhan

  7. Irku Kemhan Brigjen TNI Dwi Mastono, SE. M.M memaparkan tentang Penyelenggaraan Sistem Pengendalian Interen Pemerintah (SPIP) dilingkungan Kemhan

  8. Karoren Unhan Kemhan Brigjen TNI I Puty Eka Asmara Putra, M. Si (Han) Memaparkan tentang mekanisme pelaksanaan anggaran belanja Negara dilingkungan Kemhan

Diakhir penutupan Rakernis Dirjen Pothan Kemhan menyampaikan beberapa hal yang perlu mendapatkan perhatian sebagai berikut:

  1. Rakernis ini sebagai acuan dalam melaksanakan program dan kegiatan TA. 2019 untuk menjamin implementasi kebijakan dan tercapainya sasaran sesuai tugas pokok dan fungsi Ditjen Pothan.

  1. Tindak lanjut hasil Rakernis ini dengan sebaik-baiknya, persiapkan dan laksanakan kegiatan dengan tepat, terinci dan terarah guna menjamin optimalisasi hasil kegiatan.

  1. Tingkatkan koordinasi dan kerjasama secara lintas sector dalam rangka pelaksanaan program kegiatan Ditjen Pothan TA. 2019.

  2. Laksanakan tertib administrasi dan pertanggungjawaban keuangan, menghindari terjadinya kesalahan guna tercapainya penilaian wajar tanpa pengecualian murni.

Kegiatan Rakernis ditutup dengan penyerahan secara simbolis Progja TA. 2019 dan penandatangan pakta integritas.

Kegiatan ini berjan dengan tertib, aman dan lancar (Red Bag Datin)

♦ KOMENTAR, SARAN, MASUKAN, KIRIM KE: komentar.pothan@.go.id

♥ FOTO-FOTO KEGIATAN KLIK DISINI




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia