Roadshow Kesiapan Sumber Daya Pertahanan di Mojokerto Jawa Timur

Sabtu, 2 Februari 2019

Direktorat Komponen Cadangan Ditjen Potensi Pertahanan Kementerian Pertahanan bekerjasama dengan Komisi I DPR RI pada hari Kamis dan Jum’at tanggal 31 Januari dan 1 Februari 2019, menyelenggarakan kegiatan Roadshow Kesiapan Sumber Daya Pertahanan di Aula PC NU Mojokerto. Acara dibuka oleh Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Mojokerto, Bapak Agus Mohamad Anas Edi Santosa, SH, MH. Hadir dalam acara pembukaan ketua PC NU Mojokerto KH Chusaini Ilyas dan Forkompinda Kabupaten Mojokerto. Dalam sambutannya Beliau mengapresiasi kegiatan roadshow kesiapan Sumber Daya Pertahanan dari Kemhan sebagai upaya menumbuhkan rasa cita tanah air dan bela negara. Kegiatan roadshow yang sedianya akan dihadiri oleh anggota Komisi I DPR RI

Muhaimin Iskandar, namun karena Beliau berhalangan hadir, maka diwakili oleh Ketua DPRD Jawa Timur H. Abdul Halim Iskandar. Kegiatan roadshow dipimpin oleh Direktur Komponen Cadangan Ditjen Pothan Kemhan Brigjen TNI Untung Waluyo, S.E. dan Narasumber Dr. DKS Nugraha, SP. M.Si. M.BA (Direktur Center for Strategic Development Studies Universitas Indonesia). Adapun tim pendukungnya antara lain Kolonel Laut (P) Mekky Mukarrom, Letkol Laut (T) Daniel Lokollo, Letkol Adm Sulistiyana, dan Serda Sugianto.

Ketua DPRD Jawa Timur, H. Abdul Halim Iskandar dalam sambutannya menekankan pentingnya menumbuhkan kembangkan cinta tanah air dan bela negara bagi seluruh masyarakat dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Kegiatan roadshow ini sangat tepat dalam membekali masyarakat agar tidak mudah terpancing berita bohong dan lebih mengutamakan persatuan dan kesatuan nasional.

Sementara itu Dr. DKS. Nugraha, SP. M.Si. M.BA sebagai Narasumber menyampaikan tentang kondisi sumber daya nasional Indonesia yang melimpah merupakan potensi yang bisa dimanfaatkan untuk kepentingan pertahanan negara. Di sisi lain beliau menyampaikan pengaruh perubahan lingkungan yang sangat kompleks, fenomena global, isu-isu strategis, pengaruh hubungan internasional, sosial ekonomi, politik, sumber daya lingkungan, air, makanan, energi dan mineral. Acara diakhiri dengan pengisian pernyataan dukungan agar RUU Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara (RUU PSDN untuk Hanneg) segera disahkannya menjadi Undang-Undang dalam proses legislasi nasional tahun 2019.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia