KEMHAN BERSINERGI DENGAN KOMISI I DPR RI MELAKSANAKAN SOSIALISASI BELA NEGARA DI TUBAN JAWA TIMUR. 11 FEBRUARI 2019

Rabu, 20 Februari 2019

Dalam rangka menanamkan nilai-nilai bela negara kepada masyarakat, Direktorat Jenderal Potensi Pertahanan Kementerian Pertahanan bekerjasama dengan Pemkab Tuban dan bersinergi dengan Komisi I DPR RI melaksanakan Sosialisasi & evaluasi tentang Bela Negara Lingkup Pemukiman di Kab. Tuban Jawa Timur. Kegiatan yang dibuka oleh Sekda Tuban tanggal 11 Februari 2019 ini dihadiri oleh 115 orang peserta dari target 100 orang yang diundang. Peserta berasal dari Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda dan perwakilan Kepala Desa dari seluruh Kecamatan di Kab. Tuban. Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Ketua Komisi I DPR RI Bp Ir. Satya Widya Yudha, ME. MSc., Ketua DPRD Kab. Tuban Bp H. Miyadi dan pejabat Forkompimda Tuban.

Sebagai upaya pembentukan sikap mental dan karakter bangsa, para peserta diberikan pembekalan materi Empat Konsensus Berbangsa Bernegara oleh Wakil Ketua Komisi I DPR RI, Tataran Dasar Bela Negara oleh Direktur Bela Negara Ditjen Pothan Kemhan, Wawasan Kebangsaan oleh Kaban Kesbangpol Kab. Tuban dan Materi tentang Bijak Bermedia Sosial dan Ancaman Hoax terhadap persatuan dan kesatuan bangsa oleh Kadis Infokom Kab. Tuban. Di akhir acara peserta juga diwajibkan mengisi kuesioner tentang pelaksanaan dan materi Sosialisasi sebagai bentuk evaluasi kegiatan Bela Negara di Tuban.

Dalam setiap sesi diskusi/tanya jawab mayoritas peserta menginginkan agar kegiatan semacam ini dapat dilaksanakan sampai pada tingkat kelurahan sehingga kesadaran bela negara dapat dimiliki seluruh masyarakat di tingkat bawah. Selain itu pentingnya menanamkan nilai bela negara mulai tingkat sekolah dasar juga menjadi perhatian yang perlu diakomodasi oleh pemerintah. Para peserta juga menginginkan bahwa penanaman kesadaran bela negara sejak dini akan lebih baik jika ditanamkan langsung melalui praktek di lapangan, seperti tata cara menghormati bendera Merah Putih, atau kegiatan nyata lainnya yang mencerminkan kecintaan masyarakat kepada negara. Pada kesempatan Sosialisasi ini Kadis Kominfo juga skaligus menginformasikan bahwa dalam rangka mengantisipasi merebaknya berita hoax yang beredar Di masyarakat, Dinas Kominfo juga telah mengantisipasi dengan membentuk tim yang bertugas untuk menerima laporan masyarakat tentang berita hoax, selanjutnya menyaring dan memblokir berita-berita tersebut agar tidak menyebar ke masyarakat yang dapat berdampak pada upaya memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa terlebih pada masa menjelang pemilu seperti sekarang. Kegiatan Ini berjalan dengan tertib, aman dan lancar (Red. Bag Datin)

  • KOMENTAR, SARAN, MASUKAN… KIRIM KE : komentar.pothan@kemhan.go.id

FOTO-FOTO KEGIATAN KLIK DISINI




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia