KEMHAN RI BERSINERGI DENGAN RRI JAKARTA MENGGELAR DIALOG KEBANGSAAN DI UNIVERSITAS TARUMANEGARA JAKARTA

Kamis, 21 Februari 2019

Kemhan RI bekerjasama dengan RRI Jakarta menggelar Acara Dialog Kebangsaan di Universitas Tarumanegara Jakarta. Kegiatan Ini di Selenggarakan Pada Hari Kamis, 21 Februari 2019 dan Mengangkat Tema “Bela Negeriku – Untuk Indonesia Damai”.

Narasumber dalam Acara Dialog Kebangsaan Ini Adalah:

♥ Dirjen Potensi Pertahanan Kementerian Pertahanan Prof. Dr. Ir. Bondan Tiara Sofyan, M.S

♥ Sekjen Kemkominfo Dra. R. Niken Widiastuti, M.Si,

♥ Direktur Utama LPP-RRI Bp. R. Rohanuddin

♥ Rektor Universitas Tarumanegara Prof. Dr. Ignatius Purna Irawan dan

♥ Plt. Kabankesbangpol Prov. DKI Jakarta Drs. Taufan Bahri, M. Si.

Adapun tujuan diselenggarakannya dialog ini adalah menumbuhkan dan mengembangkan nilai-nilai dasar bela negara sehingga memiliki sikap mental dan karakter bela negara yang merupakan bagian dari revolusi mental. Selain itu agar terbangun kesadaran kolektif bela negara di seluruh lapisan masyarakat terutama untuk kalangan generasi muda. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat menanamkan semangat kebangsaan dan bela negara di kalangan generasi muda khususnya mahasiswa.

Dalam kesempatan tersebut Dirjen Pothan mengajak dan membangkitkan kesadaran generasi milenial bahwa Indonesia adalah negara yang plural dan beragam. Setiap individu diciptakan oleh Tuhan berbeda-beda namun perbedaan itu jangan menjadikan Indonesia terpecah belah. Karena perbedaan itu adalah suatu keindahan. Sementara itu Rektor Untar menyampaikan pentingnya semangat kebangsaan dan bela negara khususnya bagi mahasiswa. Rektor melihat perubahan di kalangan generasi muda khususnya mahasiswa dalam memandang nasionalisme sehingga perlu dihidupkan kembali nilai-nilai ke-Indonesiaan khususnya di kampus.

Lebih lanjut Rektor mengatakan bahwa masa depan Indonesia ada di tangan generasi muda. Untuk itu generasi muda diharapkan selalu menjaga integritas, profesionalisme dan membangun jiwa kewirausahaan supaya dapat bermanfaat bagi nusa dan bangsa. “Mengingat alumni Untar banyak yang menekuni dunia bisnis sehingga diharapkan akan banyak pengusaha yang mempunyai rasa bela negara,” ujar Rektor. 

Dialog Kebangsaan Ini dihadiri Mahasiswa Universitas Tarumanegara dan Pelajar SMA di wilayah Jakarta Barat sebanyak 400 orang, Kegiatan Ini merupakan rangkaian kegiatan sinergi antara Kemhan RI Dengan RRI. Acara puncak kegiatan ini adalah Konser Kebangsaan “Bela Negeriku Untuk Indonesia Damai” yang akan digelar pada hari sabtu tanggal 23 Februari 2019 dengan menghadirkan Grup Band Wali & Armada serta mendengarkan Pesan Kebangsaan dari Menteri Pertahanan Bpk Ryamizard Ryacudu. (Red Bag Datin)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia