ROADSHOW KESIAPAN SUMBER DAYA PERTAHANAN DI GARUT JAWA BARAT

Jumat, 22 Februari 2019

Direktorat Komponen Cadangan Ditjen Pothan Kemen bekerjasama dengan Komisi I DPR RI menyelenggarakan kegiatan Roadshow Kesiapan Sumber Daya Pertahanan pada tanggal 21 dan 22 Februari 2019 bertempat di Gd. Patriot ( KBN ) Jl. Cipanas Baru No. 78 Desa Penanjung Tarogong Kaler Garut Jawa Barat. Kegiatan diawali dengan doa dan sambutan oleh Bupati Garut H. Rudy Gunawan, SH.,MH. MP. Menyampaikan tentang situasi Daerah dan mengapresiasi kegiatan Roadshow kesiapan Sumber Daya Pertahanan yang diselenggarakan. Kegiatan ini dihadir oleh Komisi I DPR RI Bapak Mayjen TNI (Purn) Supiadin Aries Saputra (Wakil Ketua Komisi I DPR RI).

Dilanjutkan Sambutan Dirjen Pothan Kemhan yang dibacakan oleh Brigjen TNI Untung Waluyo, S.E.(Dirkomcad Ditjen Pothan Kemhan) dalam sambutanya ditekankan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman substansi RUU Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara meliputi konsep Sumber Daya Nasional, Bela Negara, komponen pendukung, komponen cadangan dan mobilisasi/ demobilisasi melalui kajian aspek politik dan hukum.

Dalam kegiatan Roadshow Kesiapan Sumber Daya Pertahanan para Narasumber memberikan materi sebagai berikut:

  • Mayjen TNI (Purn) Supiadin, menyampaikan tentang potensi ancaman di masa depan diantarannya serangan simultan dari dalam atau di dukung dari luar, serangan asimetri dan serangan jaringan teroris Internasional.

  • Dr. DKS. Nugraha, SP. M.Si. M.BA, menyampaikan tentang kondisi Sumber Daya Nasional Indonesia yang melimpah merupakan potensi yang bisa dimanfaatkan untuk kepentingan Pertahanan Negara.

Kegiatan diakhiri dengan pengisian kuisioner oleh peserta yang hadir tentang RUU Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara. Kegiatan ini berjalan tertib, aman dan lancar (Red Bag Datin)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia