KEGIATAN SOSIALISASI BELA NEGARA SINERGITAS DENGAN KOMISI I DPR RI DI KAB OKU SUMATERA SELATAN

Senin, 25 Februari 2019

Pengarahan Bupati OKU H. Kuryana Azis

Dirjen Pothan Kemhan melaksanakan gelar sosialisasi Bela Negara bersinergi dengan Komisi I DPR RI pada tanggal 25 Februari 2019 di Hotel Sherin’S Baturaja di Ogan Kemiring Ulu Sumatera Selatan. Dalam rangka membangun kesadaran bela negara kepada masyarakat Kabupaten Ogan Kemiring Ulu (OKU) Sumatera Selatan, Kegiatan Sosialisasi yang dibuka oleh Bupati OKU H. Kuryana Azis mendapat sambutan yang sangat baik dari masyarakat dan Para Pejabat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Kab. OKU. Hal ini terbukti dari keikutsertaan peserta yang hadir sejumlah 130 orang dari alokasi 100 orang yang direncanakan, serta dihadiri oleh seluruh pejabat Forkopimda Kab. OKU.

Kadis Kominfo Kab OKU Yanius Zulvarino, SE, M.Si.

Pembekalan Bela Negara oleh Kol Inf. Alex Batoek

Dalam rangkian kegiatan tersebut, peserta tidak hanya mendapat pembekalan tentang Bela Negara dan bubungannya dengan Sistem Pertahanan Negara yang disampaikan oleh Kol Inf. Alex Batoek, Analis Madya Lingkim Dit Bela Negara Ditjen Pothan Kemhan, juga mendapat pembekalan materi yang terkait bela negara dihadapkan pada ancaman kekinian yaitu Bijak dan cerdas bermedia sosial oleh Bapak Yanius Zulvarino, SE, M.Si. Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kab. OKU Bp. Yanius Zulvarino, SE, M.Si. Disamping materi tersebut, peserta juga mendapatkan

Materi Wawasan Kebangsaan yang disampaikan oleh Kaban Kesbang Kab. OKU, M, Taufik; dan Empat konsensus Dasar berbangsa bernegara oleh Anggota Komisi I DPR RI, Bpk Boby Adityo Rizal,SE, MBA, CFE. Melalui kegiatan ini, setidaknya menjawab persepsi yang salah di sebagian masyarakat yang selama ini berpikiran bahwa bela negara adalah kegiatan mengangkat senjata atau bersifat militerisme, tetapi pembentukan sikap mental dan perilaku warga negara atas kesediaannya untuk berbuat yang terbaik bagi bangsa dan negaranya. Dan, bela negara dapat dilakukan sesuai dengan profesi kita masing-masing.

Sesi tanya jawab

Foto Bersama dengan dengan Para Pejabat Terkait

Pentingnya mengikuti kegiatan seperti ini dirasakan oleh peserta yang hadir, dan menginginkan agar Sosialisasi Bela Negara dapat dilaksanakan di berbagai daerah di wilayah Sumatera Selatan lainnya, sehingga seluruh masyarakat juga menerapkannya dalam kehidupan sehati-hari. Hal ini dipandang penting oleh mereka, terlebih bagi para kaum milenial yang selalu dekat dengan internet, dengan mencermati dinamika saat ini diperlukan kecerdasan, kearifan, kebijaksanaan dalam bermedia sosial, karena ancaman terhadap bangsa dan negara bisa datang dari sana. Namun dengan kekuatan karakter dan kesadaran bela negara sesuai profesinya, maka kita semua dapat berkontribusi dalam menyelamatkan persatuan dan kesatuan bangsa dan kelangsungan hidup NKRI.(Red Bag Datin)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia