RAPAT KOORDINASI DAN EVALUASI PELAKSANAAN BELA NEGARA DENGAN PARA REKTOR

Selasa, 5 Maret 2019

Dirjen Pothan Kemhan Prof. Dr. Ir. Bondan Tiara Sofyan, M. Si, Menghadiri Rapat Koordinasi dan Evaluasi Pelaksanaan Bela Negara dengan Perguruan Tinggi Se-Indonesia pada hari Selasa tanggal 5 Maret 2019, Bertempat di Gd. A. H. Nasution Lt. 16, Kegiatan ini dihadiri oleh Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, Para Pejabat Eselon I dan II Kemhan, Kemendagri, Kemenristekdikti, Kemenag, Para Rektor/Pimpinan Perguruan Tinggi Se-Indonesia, Aster Panglima TNI dan Para Pejabat Teritorial Angkatan serta para undangan lainnya berjumlah + 140 Orang.

Dalam amanatnya Bapak Ryamizard Ryacudu menyampaikan, Kementerian Pertahanan sengaja mengundang kembali Bapak/Ibu para Pimpinan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terpilih se-Indonesia, untuk melaksanakan koordinasi dan evaluasi kegiatan Pembinaan Kesadaran Bela Negara (PKBN) di lingkungan Perguruan Tinggi khususnya bagi Mahasiswa Baru, sebagaimana pernah kita sepakati pada Pertemuan para Pimpinan Perguruan Tinggi yang dilaksanakan pada tahun 2017 yang lalu.

Kementerian Pertahanan juga sangat mengharapkan masukan penyempurnaan dari para Pimpinan Perguruan Tinggi tentang pelaksanaan PKBN di Perguruan Tinggi, baik materi maupun pengembangannya secara terintegrasi dengan kurikulum pendidikan lainnya, termasuk upaya mendirikan Pusat Bela Negara dan implementasinya dalam kehidupan kampus maupun masyarakat, Sebagai upaya penguatan jati diri Mahasiswa baru yang sedang mencari jati dirinya. Mengingat, kesadaran bela negara tidaklah taken for granted atau dibawa sejak lahir, tetapi perlu ditumbuhkan secara terus menerus. Oleh karena itu, pembinaan kesadaran bela negara merupakan sebuah upaya tanpa henti (never ending process) untuk menyesuaikan dengan tuntutan perubahan jaman.

Kementerian Pertahanan sangat mengapresiasi Perguruan Tinggi yang menjadi inisiator dan mengkoordinir kegiatan Pembinaan Kesadaran Bela Negara ke Perguruan Tinggi lain dengan melibatkan seluruh instansi terkait dan komponen bangsa lainnya di wilayahnya masing-masing. Untuk itu, Kementerian Pertahanan akan memberikan penghargaan kepada para Rektor Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta, baik yang berada di bawah koordinasi Kementerian Riset dan Teknologi maupun Kementerian Agama dan Perguruan Tinggi Kedinasan Kementerian atau Lembaga, serta Perguruan Tinggi Swasta dan Organisasi keagamaan yang bekerjasama dalam melaksanakan Pembinaan Kesadaran Bela Negara selama Kurun waktu 2014-2019.

Dalam kesempatan tersebut Dirjen Pothan Kemhan Prof. Dr. Ir. Bondan Tiara Sofyan, M. Si, turut menandatangani kesepakatan MoU dengan Pihak Universitas, tentang kegiatan Pembinaan Kesadaran Bela Negara. Kegiatan selanjutnya adalah melaksanakan diskusi panel.

Kegiatan ini berjalan tertib, aman dan lancar (Belneg)

♥ KOMENTAR, SARAN, MASUKAN..KIRIM KE: komentar.pothan.go.id

♦ FOTO-FOTO KEGIATAN KLIK DISINI

 




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia