SIMPOSIUM PERANG MINDSET PADA ERA KETERBUKAAN INFORMASI

Rabu, 8 Mei 2019

Dirjen Pothan Kemhan Prof. Dr. Ir. Bondan Tiara Sofyan, M. Si., menghadiri Simposium Perang Mindset Pada Era Keterbukaan Informasi, dipimpin Menteri Pertahanan pada hari Rabu tanggal 8 Mei 2019, bertempat di Gd. A.H. Nasution Lt, 16. Kegitan ini dihadiri oleh Sekjen Kemhan, Irjen Kemhan, Rektor Unhan, Pejabat Eselon II dan III Kemhan, Pejabat Mabes TNI dan Mabes Angkatan, Para Narasumber antara lain, Prof. Rohan Gunaratna, Prof. Dr. Ir. R. Eko Indrajit, M.Sc, MBA, M.Phil, M.A, Dr. H. Anhar Gonggong, Dr. Gildas Deograt Lumy dan Marsma TNI Dr. Sukmo Gunardi, M.Si.

Dalam sambutannya Menteri Pertahanan menyampaikan bahwa seluruh Rakyat Indonesia agar tidak mudah dipengaruhi dan terprovokasi oleh pemikiran-pemikiran bersifat materialis yang hendak menghancurkan Ideologi Bangsa yaitu PANCASILA. Dalam Prinsip Demokrasi Kerakyatan, otoritas sipil memilki kewenangan untuk mengendalikan kekuatan Militer yang pelaksanaannya didelegasikan kepada Presiden melalui Menteri Pertahanan. Secara Politis, Menteri Pertahanan selaku Pembantu Presiden dalam Bidang Pertahanan memiliki otoritas tertinggi didalam mendesain dan menentukan ARAH kebijakan Strategi Pertahanan termasuk di dalamnya menentukan definisi ancaman negara dalam melaksanakan kontrol demokratis terhadap kekuatan militer.

Dinamika perkembangan lingkungan strategis baik Global, Regional maupun Nasional dewasa ini, telah mengisyaratkan tantangan yang besar dan kompleks terhadap Pertahanan Negara baik yang bersifat Fisik maupun non fisik baik ancaman nyata maupun yang tidak nyata, ancaman utama yang sedang dihadapi adalah ancaman Terorisme, Radikalisme, Separatisme, pemberontakan bersenjata, Bencana Alam dan Lingkungan, Ancaman Mindset ini bersifat Masif sistimatis dan yang terus berupaya untuk mempengaruhi dan merusak “mindset” atau Pemikiran dan jati diri bangsa Indonesia melalui pengaruh ideologi-ideologi asing yang beraliran Materialisme, setelah pengarahan Menhan, kegiatan dilanjutkan dengan pencerahan dari para Narasumber dan dilakukan sesi tanya jawab.

Kegiatan ini berjalan aman dan lancar(Red Bag Datin).

. KOMENTAR, SARAN, MASUKAN KIRIM KE: komentar.pothan@kemhan.go,id.

. FOTO-FOTO KEGIATAN KLIK DISINI




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia