KEGIATAN PEMUTAHIRAN DATA POTENSI SUMBER DAYA ALAM DAN BUATAN (SDAB) UNTUK KOMPONEN PENDUKUNG PERTAHANAN NEGARA DI PROVINSI BALI TGL 7 AGUSTUS 2019

Senin, 12 Agustus 2019

Direktorat Komponen Pendukung Ditjen Pothan Kemhan melaksanakan kegiatan “Pemutahiran Data Potensi Sumber Daya Alam dan Buatan (SDAB) untuk Komduk Hanneg di Provinsi Bali” pada hari Rabu tanggal 7 Agustus 2019 bertempat di Ruang Rapat Kanwilhan Pemprov. Bali Jl. Melati No. 12-13 Kreneg Denpasar Bali.Kegiatan Pemutakhiran data potensi SDAB diawali dengan rapat yang dipimpin dan dibuka secara resmi oleh Kaban Kesbangpol Prov. Bali I. Gusti Agung Ngurah Sudarsana S.H., M.H. didampingi oleh Kakanwil Kementerian Pertahanan Prov. Bali Kol Inf Ketut Budhiastawa, S.Sos., M.Si, dilanjutkan dengan paparan tentang Sumber Daya Alam dan Buatan untuk Komponen Pendukung Pertahanan Negara oleh Kasubdit SDAB Kolonel Arh Achmat Miftahudin, S.Sos, M.Si. Peserta rapat berjumlah 30 orang pejabat dan staf Dinas/Instansi Satuan Kerja Perangkat Daerah prov. Bali terkait (Dinas: Pertanian, Perkebunan, Peternakan, Energi Sumber Daya Mineral, Kelautan dan Perikanan, Perindustrian, Kehutanan, Lingkungan Hidup, Kesehatan, Bulog, PT. Pertamina, BPS Sterdam IX/Udayana) dilanjutkan dengan kegiatan pengumpulan data, pengolahan data, dan pemutakhiran data potensi SDAB bidang logistik wilayah (Logwil) dan cadangan materiil strategis (Cadmatstrat) sebagai salah satu unsur komponen pendukung bagian dari sumber daya nasional yang sangat penting dalam mendukung penyelenggaraan pertahanan negara menghadapi ancaman militer yang berfungsi untuk meningkatkan kemampuan dukungan bagi komponen utama dan komponen cadangan.

Kegiatan pemutakhiran data potensi SDAB ini merupakan salah satu kegiatan dalam rangka penataan komponen pendukung dari aspek SDAB yang dikelompokkan berdasarkan pada kebutuhan bekal TNI, bidang logistik wilayah, adalah logistik yg disiapkan di daerah, bertumpu pada kekayaan sumber daya wilayah dalam rangka mendukug operasi perlawanan wilayah, dan bidang cadangan materiil strategis, adalah bahan, dan atau hasil pertambangan serta alat peralatan hasil industri untuk pertahanan yg dipersiapkan sebagai persediaan guna memenuhi kebutuhan pertahanan negara yang meliputi: pangan, bahan bakar, alat peralatan khusus dan bahan peledak, sehingga data yang dibutuhkan berupa data bidang pangan dan palawija, bidang perkebunan, bidang hortikultura, bidang peternakan, bidang perikanan serta bidang energi dan sumber daya mineral untuk meningkatkan kemampuan dukungan bagi komponen utama dan komponen cadangan .

Kegiatan pemutakhiran data potensi SDAB tersebut dimaksudkan untuk memperoleh data potensi SDAB bidang logistik wilayah dan cadangan materiil strategis untuk komponen pendukung pertahanan negara dari dinas teknis di daerah, badan pusat statistik (BPS) dan Kodam IX/Udayana serta Instansi terkait wilayah provinsi Bali, dengan tujuan untuk memperoleh data jumlah dan kondisi yang akurat tentang SDAB dalam rangka penyiapan komponen pendukung dalam bentuk Logwil dan Cadmatstrat di masing-masing daerah wilayah provinsi Bali, dengan sasaran penyiapan data komponen pendukung aspek SDAB dalam bentuk Logwil dan Cadmatstrat dalam rangka penataan komponen pendukung pertahanan negara, dengan hasil kegiatan berupa “Pemutakhiran data potensi SDAB bidang Logwil dan Cadmatstrat untuk mendukung kekuatan komponen pendukung pertahanan negara wilayah provinsi Bali TA. 2019”.

Kegitan ini berjalan dengan tertib, aman dan lancar (Red. Bag Datin).




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia