SEMARAK MERAH PUTIH DI PERBATASAN

Senin, 19 Agustus 2019

Bela Negara adalah Sikap dan Prilaku Warganegara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-undang dasar 1945 dan menjamin kelangsungan hidup Bangsa dan Negara.

Berdasarkan Pembukaan UUD1945 pada Alinea Pertama yang menyatakan “Bahwa sesunggunya Kemerdekaan itu ialah Hak segala Bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan”

Adapun isi dari Pasal 27 Ayat 3 “Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara” sedangkan Pasal 30 Ayat 1 adalah “ Tiap-tiap Warga negara Berhak dan Wajib ikut serta dalam usaha Pertahan dan Keamanan Negara.

Ditjen Pothan Kemhan melaksanakan program kegiatan Sosialisasi pembangunan karakter Bangsa melalui pemyebarluasan NIlai-nilai Bela Negara bagi Mahasiswa, Pelajar dan Ormas, yang dilaksanakan secara serentak di 5 wilayah perbatasan yaitu di Kota Sabang, Entikong, Kota Tarakan, Antambua dan Boven Digul yang dibalut dalam acara “Semarak Merah Putih dari Perbatasan Indonesia”

Dirjen Pothan Kemhan Prof. DR. Ir. Bondan Tiara Sofyan,M.Si berkesempatan langsung memberikan pembekalan kepada Mahasiswa Universita Borneo Tarakan (UBT), Pelajar SMA dan Ormas di Kota Tarakan pada Juma’at (16/08/2019) bertempat di Aula UBT, adapun undangan yang Hadir diantaranya Rektor UBT Prof. DR. Drs Adi Pottan,. M.Si dan Staf Forkominda Kota Tarakan, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat dan undangan lainnya.

Rangakaian kegiatan di mulai dgn sambutan Rektor UBT yang menyampaiakan ucapan selamat datang dan terima kasih atas apresiasi kepada Kemhan RI dengan kegiatan ini, Selanjutnya Dirjen Pothn Kemhan memberikan Pembekalan dengan Judul Membangun Karakter Bngsa dan Semangat Bela Negara.

Adapun Penekanan dari Dirjen Pothan agar mewasdai terhadap Ancaman saat ini di era industry 4.0 yaitu Perang Mindset dan Perang Informatikan yang menyebarluaskan radikalisme yang mengatasnamakan agama

Esensi dari nilai-nilai Bela Negara yaitu Cinta Tanah Air, Sadar Berbangsa dan Bernegara, Setia pada Pancasila sebagai Ideologi Negara, Rela berkorban untuk bangsa dan negara memiliki kemampuan Awal Bela Negara bail Psikis maupun Fisik.

Kegiatan ini berjalan dengan tertib, aman dan lancar (Red Bag Datin)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia