WORKSHOP PENYELESAIAN ADMINISTRASI VETERAN RI

Jumat, 23 Agustus 2019

Veteran Republik Indonesia adalah Warga Negara Indonesia yang bergabung dalam kesatuan bersenjata resmi yang diakui oleh pemerintah yang berperan secara aktif dalam suatu peperangan menghadapi Negara lain dan/atau gugur dalam pertempuran untuk membela dan mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia, atau warga Negara Indonesia yang ikut serta secara aktif dalam pasukan internasional di bawah mandat Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk melaksanakan misi perdamaian dunia, yang telah ditetapkan sebagai penerima Tanda Kehormatan Veteran Republik Indonesia.

Pengelompokan veteran meliputi Veteran Pejuang Kemerdekaan RI, Veteran Pembela Kemerdekaan RI, Veteran Perdamaian RI, Veteran Anumerta Pejuang RI, Veteran Anumerta Pembela Kemerdekaan RI, Veteran Anumerta Perdamaian RI.

Direktorat Veteran Ditjen Pothan Kemhan melaksanakan kegiatan workshop penyelesaian administrasi veteran RI Kamis (22/8/2019) bertempat di Ballroom Hotel Aston Inn, Semarang. Adapun tema yang di usung “ Melalui Workshop di daerah, Direktorat Veteran bertekad menselaraskan penyelenggaraan administrasi dan pelayanan Prima terhadap Veteran RI oleh Instansi berwenang.

Bertindak sebagai Nara sumber adalah: Kolonel Inf Sangkuriang dari Ditvet Ditjen Pothan dan Bapak Bambang Riyanto, Kabid Layanan Manfaat PT. Taspen (Persero), sedangkan Undangan yang hadir dari DPP LVRI Provinsi Jawa Tengah, Pejabat Minvet Dam IV/Diponegoro, Perwakilan dari TNI AL, TNI AU, Polri, dan Instansi Pemerintah daerah wilayah Jawa Tengah. Dalam kegiatan ini dibacakan sambutan Dirjen Pothan Kemhan Prof. Dr. Ir. Bondan Tiara Sofyan, M. Si. Pertama Proses penyelesaian Administrasi Veteran membutuhkan ketelitian, koordinasi dan komunikasi yang baik antara Pusat, Daerah dan PT. Taspen (Persero), Kedua Pengaturan hak-hak Veteran RI yang berupa Tunjangan Veteran, Dana Kehormatan Veteran terdapat dalam Peraturan Presiden RI Nomor 79 Tahun 2014.

Kegiatan ini berjalan dengan tertib, aman dan lancar (Red Bag Datin).




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia