PERINGATAN 1 MUHARRAM 1441 H

Rabu, 11 September 2019

Dirjen Pothan Kemhan Prof. Dr. Ir. Bondan Tiara Sofyan, M. Si., menghadiri kegiatan peringatan 1 Muharram 1441 H pada Rabu (11/09/2019) bertempat di Aula Gd. A.H Nasution Lt.16 Kemhan RI, kegiatan dipimpin Menteri Pertahanan RI Bapak Ryamizard Riyacudu, dengan mengangkat tema “ Dengan semangat tahun baru Hijriyah 1 Muharram tahun 1441 H / 2019 M Kita Tingkatkan Keimanan dan Ketaqwaan untuk menciptakan Sumber Daya Manusia Unggul Indonesia Maju dan Berjaya”. Kegiatan ini dihadiri oleh Pejabat Eselon I, II dan seluruh anggota Kemhan.

Dalam sambutannya Menteri Pertahanan RI Bapak Ryamizard Ryacudu menyampaikan bahwa peringatan 1 Muharram 1441 H adalah momentum untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah, kita jangan sampai larut dengan perkembangan jaman yang semakin komplek apabila kita tidak bisa memilah-milah mana yang baik dan mana yang kurang baik maka dapat merusak keimanan dan ketaqwaan, untuk itu jaga diri, keluarga dari hal-hal yang negatif, untuk itu seluruh anggota yang hadir agar menyimak apa yang disampaikan oleh Penceramah.

Ustad Dr. H. Aang Ridwan, M. Ag. dalam ceramahnya menyampaikan bahwa Peringatan 1 Muharram memiliki makna yang lebih dari sekedar perayaan semata, substansi dari peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Madinah. Jauh lebih penting dari pada perayaan ini adalah melakukan introspeksi dan evaluasi untuk melakukan perubahan. Makna hijrah untuk kondisi yang lebih baik juga ditegaskan dalam Al-qur’an Surat Al-Hasr ayat 18: yang artinya “Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat); dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan”. Ayat tersebut menegaskan jika peristiwa 1 Muharram merupakan titik balik untuk melakukan perbaikan dan menjadi spirit bagi kaum muslimin untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik.

Tidak terkecuali seluruh anggota Kemhan RI terutama anggota Ditjen Pothan Kemhan, diharapkan setelah mengikuti peringatan 1 Muharram 1441 H dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Alloh diantaranya dengan cara meningkatkan kualitas ibadah sholat fardhu ditambah sholat sunnah rawatib, duha, tahajud serta dapat mengaplikasian dalam kehidupan sehari-hari baik dalam lingkungan keluarga, pekerjaan dan lingkungan masyarakat.

Kegiatan peringatan 1 Muharram 1441 H berjalan tertib, aman dan lancar (Red Bag Datin)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia