KEGIATAN PEMUTAHIRAN DATA POTENSI SUMBER DAYA ALAM DAN BUATAN (SDAB) UNTUK SUMBER DAYA PERTAHANAN DI PROVINSI SUMATERA UTARA

Kamis, 12 September 2019

Direktorat Sumber Daya Pertahanan Ditjen Pothan Kemhan melaksanakan kegiatan “Pemutahiran Data Potensi Sumber Daya Alam dan Buatan (SDAB) untuk Sumber Daya Pertahanan di Prov. Sumut” pada hari Rabu (4/9/2019) bertempat di Ruang Rapat Kaharudin Lt. VIII Kantor Gubernur Prov. Sumut, Jl. Diponegoro No. 30 Medan.

Kegiatan Pemutakhiran data potensi SDAB diawali dengan rapat yang dipimpin dan dibuka secara resmi oleh Staf Ahli Gubernur Sumut Bidang Ekonomi, Keuangan, Pembangunan, Asset dan SDA H Agus Tripriyono, SE, MSi, Ak, CA, didampingi oleh Kakanwil Kementerian Pertahanan Prov. Sumut Kolonel Adm Tonelson Siburian, S.Si., M.Si., dilanjutkan dengan paparan tentang Pendataan Sumber Daya Alam dan Buatan untuk Sumber Daya Pertahanan oleh Analis Kebijakan Madya Bidang Sarpras Dit Sumdahan Letkol Inf Imam Rochim Hidayat, SH, MM. Peserta rapat berjumlah 30 orang pejabat dan staf Dinas/Instansi Satuan Kerja Perangkat Daerah Provinsi Sumut terkait (Dinas: Pertanian, Perkebunan, Peternakan, Energi Sumber Daya Mineral, Kelautan dan Perikanan, Perindustrian, Kehutanan, Lingkungan Hidup, Kesehatan, Bulog, PT. Pertamina, BPS dan Sterdam I/Bukit Barisan) dilanjutkan dengan kegiatan pengumpulan data, pengolahan data, dan pemutakhiran data potensi SDAB bidang logistik wilayah (Logwil) dan cadangan materiil strategis (Cadmatstrat). SDAB merupakan salah satu unsur komponen pendukung, bagian dari sumber daya nasional yang sangat penting dalam mendukung penyelenggaraan pertahanan negara menghadapi ancaman militer yang berfungsi untuk meningkatkan kemampuan dukungan bagi komponen utama dan komponen cadangan.

Kegiatan pemutakhiran data potensi SDAB ini merupakan salah satu kegiatan dalam rangka penataan potensi SDAB pendukung pertahanan berupa pendataan, pemilahan dan pemilihan SDAB yang dapat menjadi komponen pendukung dari aspek SDAB yang dikelompokkan berdasarkan pada kebutuhan bekal TNI, bidang logistik wilayah dan bidang cadangan materiil strategis. Bidang logistik wilayah adalah logistik yg disiapkan di daerah, bertumpu pada kekayaan sumber daya wilayah dalam rangka mendukung operasi perlawanan wilayah, dan bidang cadangan materiil strategis adalah bahan dan atau hasil pertambangan serta alat peralatan hasil industri untuk pertahanan yang dipersiapkan sebagai persediaan guna memenuhi kebutuhan pertahanan negara meliputi pangan, bahan bakar, alat peralatan khusus dan bahan peledak, sehingga data yang dibutuhkan berupa data bidang pangan dan palawija, bidang perkebunan, bidang hortikultura, bidang peternakan, bidang perikanan serta bidang energi dan sumber daya mineral untuk meningkatkan kemampuan dukungan bagi komponen utama dan komponen cadangan .

Kegiatan pemutakhiran data potensi SDAB tersebut dimaksudkan untuk memperoleh data potensi SDAB bidang logistik wilayah dan cadangan materiil strategis untuk sumber daya pertahanan mendukung kekuatan komponen pendukung pertahanan negara dari dinas teknis di daerah, badan pusat statistik (BPS) dan Kodam I/Bukit Barisan serta Instansi terkait wilayah provinsi Sumut. Dengan tujuan untuk memperoleh data jumlah dan kondisi yang akurat tentang potensi SDAB dalam rangka penyiapan komponen pendukung dalam bentuk Logwil, Cadmatstrat dan Industri Nasional di masing-masing daerah wilayah Prov. Sumut. Dengan sasaran, penyiapan data komponen pendukung aspek SDAB dalam bentuk Logwil dan Cadmatstrat dalam rangka penataan komponen pendukung pertahanan negara. Adapun hasil kegiatan berupa buku “Data potensi SDAB bidang Logwil dan Cadmatstrat untuk sumber daya pertahanan di wilayah provinsi Sumut TA. 2019”.

Kegiatan ini berjalan dengan tertib, aman dan lancar (Red Bag Datin)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia