PENINJAUAN PROGRAM JOINT PRODUCTION MISSION SYSTEM PTTA KLAS MALE DI INGEGNERIA DEI SISTEMI S.P.A (IDS) ITALIA

Rabu, 9 Oktober 2019

Dalam rangka membangun kemampuan Industri Pertahanan melalui penguasaan teknologi di bidang Alpalhankam, Direktorat Jenderal Potensi Pertahanan (Ditjen Pothan) Kemhan RI melaksanakan Program Pembinaan Potensi Teknologi Industri Pertahanan (Binpottekindhan). Salah satu program Binpottekindhan adalah membangun kemampuan industri pertahanan dalam memproduksi Pesawat Terbang Tanpa Awak (PTTA) dengan kemampuan Medium Altitude Long Endurance (MALE), yang diwujudkan dalam program Joint Production PTTA Mission System Kelas MALE TA. 2019 oleh PT. Len Industri (Persero).
Dalam proses akuisisi teknologi, PT. Len Industri (Persero) bekerjasama dengan Ingegneria Dei Sistemi S.p.A (IDS), Italia untuk pengembangan desain Mission System PTTA MALE dan pengembangan simulator Hardware in The Loop System (HILS).
Saat ini, PT. Len Industri (Persero) mengirimkan enam personel untuk melaksanakan akuisisi teknologi di fasilitas IDS Italia dalam rangka belajar dan mengembangkan pembuatan software maupun hardware Flight Control System (FCS) yang nantinya nantinya akan diaplikasikan untuk pengembangan Mission System PTTA Klas MALE.
Dalam rangka memantau kemajuan program akusisi teknologi tersebut, Ditjen Pothan melaksanakan peninjauan pelaksanaan kerjasama tersebut di Ingegneria Dei Sistemi S.p.A (IDS), Italia. Peninjauan dipimpin oleh Sesditjen Pothan Kemhan, Brigjen TNI Aribowo Teguh Santoso, S.T., M. Sc, didampingi oleh Dirtekindhan Ditjen Pothan Kemhan beserta staf, Perwakilan Dislitbang TNI AU dan SVP Divisi Pengembangan Bisnis dan Teknologi PT. Len Industri (Persero), kegiatan dilaksanakan dari tanggal 4 s.d. 9 Oktober 2019 di fasilitas IDS di Pisa dan Roma, Italia.
Dalam kunjungan tersebut Sesditjen Pothan Kemhan menyampaikan kepada IDS Italia bahwa saat ini Indonesia sedang mengembangkan kemampuan teknologi Industri Pertahanan melalui kegiatan penelitian dan pengembangan secara independen dan kolaborasi dengan beberapa negara sahabat. Delegasi meninjau proses pelaksanaan akuisisi teknologi yang sedang dibahas dan dikembangkan oleh enam tenaga ahli PT. Len Industri (Persero) dan tenaga ahli dari IDS Italia di fasilitas IDS. Selanjutnya proses pembahasan dan pengembangan desain Mission System PTTA MALE dan simulator HILS akan dilaksanakan oleh kedua pihak di fasilitas PT. Len Industri (Persero) pada bulan November 2019.
Pada kesempatan tersebut, Sesditjen Pothan Kemhan menekankan semangat bela negara kepada tenaga ahli PT. Len Industri (Persero) yang mengikuti pelatihan, untuk memanfaatkan pelatihan ini secara maksimal guna membangun kemandirian Industri Pertahanan demi kemajuan Negara Indonesia. (Red Bag Datin).
– KOMENTAR, SARAN, MASUKAN, KIRIM KE: komentar.pothan@kemhan.go.id
– FOTO-FOTO KEGIATAN KLIK DISINI




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia