PEMBINAAN PERAN SARPRASNAS UNTUK KOMDUK HANNEG DI PROV. JATIM

Kamis, 31 Oktober 2019

Ditsumdahan Ditjen Pothan Kemhan melaksanakan kegiatan Pembinaaan Peran Sarana dan Prasarana Nasional untuk Komponen Pendukung Pertahanan Negara pada Kamis (31/10/2019) bertempat di Rupat Lt.III Bakesbangpol Prov.Jatim Jl, Putat Indah No,1 Surabaya. Kegiatan dibuka secara resmi oleh Kabadan Kesbangpol Prov. Jatim Drs. Jonathan Judianto yang diikuti oleh 50 orang peserta terdiri dari pejabat Eselon III dan IV Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Prov. Jatim, antara lain Kesbangpol Dinas PUPR, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Dinas Kominfo, Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga, Dinas Perindag , BPTD, BPS, BMKG, Bea Cukai, Kodam V/ BRW Lantamal V Surabaya, Lanud Juanda, RRI, TVRI, TV Swasta, PT. Telkom, PT. Angkasa Pura, PT. Pertamina, PT. KAI, PT. LPPNPI, RS. UP, RS. Swasta dan Pengurus Organda. 

Kegiatan diawali dengan pembacaan Sambutan Dirjen Pothan Kemhan yang dibacakan oleh Kasubdit Rendiaga Ditsumdahan Ditjen Pothan Kol Arh Achmat Miftahudin, S. Sos, M.Si. yang menyampaikan peran penting sarana dan prasarana nasional yaitu sebagai alat dan peralatan untuk mendorong jalannya roda perekonomian nasional guna mewujudkan kesejahteraaan masyarakat dan untuk mendukung kepentingan pertahanan. Untuk dapat mengakomodir kepentingan kesejahteraaan dan pertahanan negara, maka sarana dan prasarana nasional untuk komponen pendukung pertahanan negara dikelola melalui kegiatan penataan dan pembinaaan, dengan melibatkan peran serta seluruh instansi terkait baik pemerintah maupun swasta dilaksanakan secara terpadu dengan mensinergikan fungsi K/L, Pemda dan swasta.

Acara dilanjutkan dengan pembacaan sambutan Sekda Prov. Jatim dibacakan oleh Kabadan Kesbangpol Prov. Jatim yang menyampaikan dalam pembangunan infarstuktur diharapkan dapat linier dan selaras dengan kebutuhan strategi pertahanan nasional. Kondisi demografis Indonesia yang sedemikian luas dan memiliki berbagai jenis topografi menjadi tantangan untuk membangun sebuah strategi pertahanan yang mampu melindungi Ibu Pertiwi beserta seluruh isinya. Disampaikan juga sebagai bangsa yang majemuk memiliki konsekwensi berbagai permasalahan di bidang pertahanan dan keamanan yang semakin dinamis dan kompleks. Perlu ada koordinasi yang berkelanjutan antar komponen pemerintah baik dari unsur pertahanan, legislatif dan eksekutif. Pemprov Jatim akan melakukan kerjasama yang harmonis, kerjasama yang sinergis serta saling mendukung dalam melaksanakan tugas masing-masing yang semakin kompleks.

Kegiatan Pembinaaan Peran Sarana dan Prasarana Nasional untuk Komponen Pendukung Pertahanan Negara di Prov Jatim menghadirkan Narasumber dari Dinas Bina Marga yang memaparkan rencana pembangunan jalan dan jalan tol di Prov. Jatim yang disampaikan oleh Martin Ma’ruf Sesdinas Bina Marga sedangkan narasumber kedua adalah Kol. Arh Achmat Miftahudin, S.Sos, M,Si yang menyampaikan tentang UU PSDN dan Komponen Pendukung Pertahanan Negara yang dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab. Acara ditutup secara resmi oleh Kasubdit Rendiaga Ditsumdahan Ditjen Pothan Kol Arh Achmat Miftahudin, S.Sos, M,Si dan dilanjutkan dengan pengecekan pengisian formulir data dari dinas terkait dimana sebelumnya telah didahului dengan pelaksanaan kunjungan ke masing- masing dinas untuk memberikan pengarahan cara pengisian data.

Kegiatan ini berjalan dengan tertib, aman dan lancar. (Red. Bag Datin).




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia