PEMBINAAN PERAN SARPRASNAS UNTUK KOMDUK HANNEG DI PROVINSI GORONTALO

Senin, 18 November 2019

Ditsumdahan Ditjen Pothan Kemhan melaksanakan kegiatan Pembinaaan Peran Sarana dan Prasarana Nasional untuk Komponen Pendukung Pertahanan Negara pada Kamis (14/11/2019) bertempat di Ruang Dolohupa, Kantor Gubernur Gorontalo.

Kegiatan dimaksud dibuka secara resmi oleh Asisten I Setda Gorontalo Syukri Botutihe yang diikuti oleh 50 orang peserta terdiri dari pejabat eselon III dan IV Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Prov. Gorontalo antara lain Kesbangpol Dinas PUPR, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Dinas Kominfo, Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga,Dinas Perindag, BPTD, BPS, BMKG, Bea Cukai, Korem 133/Nani Wartabone, Lanal IV Gorontalo, Satrad Kwandang, RRI, TVRI, TV Swasta, PT. Telkom, PT. Angkasa Pura, PT. Pertamina, PT. KAI, PT. LPPNPI, PT. Pelindo, RS. Pemerintah dan Swasta dan Pengurus Organda.

Kegiatan ini diawali dengan pembacaan Sambutan Dirjen Pothan Kemhan yang dibacakan oleh Kasubdit Sarpras Dukhan Ditsumdahan Ditjen Pothan Drs. Teguh Wibowo, M.M yang menyampaikan peran penting sarana dan prasarana nasional yaitu sebagai bagian dari komponen pendukung pertahanan. Disampaikan bahwa masalah pertahanan negara merupakan salah satu dari enam (6) urusan pemerintah yang tidak didelegasikan ke daerah, namun bukan berarti tidak menjadi urusan pemerintah daerah. Pertahanan negara menjadi tanggung jawab bersama antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah demikian juga dalam pengelolaaan sarana dan prasarana nasional. Lebih lanjut disampaikan bahwa sasaran dalam kegiatan pembinaaan sarana dan prasarana nasional untuk komponen pendukung adalah membangun visi dan persepsi yang sama terhadap pertahanan negara.

Acara dilanjutkan dengan sambutan Asisten I Setda Gorontalo yang menyampaikan Pemda Gorontalo selalu mendukung urusan–urusan pertahanan negara, disampaikan bahwa Gubernur Prov. Gorontalo senantiasa membangun komunikasi dan berkoordinasi termasuk menyiapkan sarana dan prasarana non militer dalam mendukung pertahanan negara di wilayah Prov. Gorontalo. Kegiatan Pembinaaan Peran Sarana dan Prasarana Nasional untuk Komponen Pendukung Pertahanan Negara di Prov Gorontalo menghadirkan narasumber Yuliana Rivai Kabid Bidang Cipta Karya dari Dinas PUPR yang memaparkan rencana pembangunan infrastruktur di Prov. Gorontalo y ang dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab.

Acara ditutup secara resmi oleh Kasubdit Sarpras Dukhan Ditsumdahan Ditjen Pothan Drs. Teguh Wibowo, M.M dan dilanjutkan dengan pengecekan pengisian formulir data dari dinas terkait dimana sebelumnya telah didahului dengan pelaksanaan kunjungan ke kantor dinas dan perwakilan angkatan di daerah untuk memberikan pengarahan cara pengisian data.

Kegiatan ini berjalan dengan tertib, aman dan lancar. (Red Bag Datin).

Paraf:Kasubdit Sarpras : …..Kasi Matrad : …..

 




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia