KEGIATAN DIALOG NASIONAL PERS

Rabu, 20 November 2019

Kegiatan Dialog Nasional pers, dari Ikatan Media Online (IMO) Indonesia dilaksanakan pada Sabtu (16/11/2019) bertempat di Gedung LPSK Jalan Raya Bogor Nomor 47 Ciracas Jakarta Timur,  sebagai Pembicara: Letjen TNI Joni Supriyanto Kasum Mabes TNI, Ir. H. Eddy Ganefo, M.M. Ketua Umum Kadin Indonesia, Bachtiar R. Ujung, S.E., M.M. Kegiaatan ini diadiri oleh Dewan Pengawas LPJK Nasional, Adi Suparto Dewan Penasehat IMO-Indonesia dan DR. Yuspan Zalukhu SH, MH Dewan Pembina/Pengurus IMO-Indonesia, dari Kementerian Politik Hukum dan Keamanan, Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Pertahanan, Kementerian Kominfo, dengan Peserta 100 orang yang terdiri dari: pengurus organisasi IMO-Indonesia yang juga merupakan pemilik dari media online secara nasional, masyarakat pers dan mahasiswa dan undangan lainnya.

Pembahasan Ikatan Media Online Indonesia atau IMO-Indonesia adalah organisasi Badan Usaha Media Online yang dideklarasikan sejak tanggal 27 Oktober 2017 di Jakarta, Kian menunjukkan komitmennya Menjadi Organisasi Media Online Yang Berimbang Dalam Pemberitaan dan Pemersatu Kebhinekaan. Media telah diatur dengan regulasi UU Pers No. 40 tahun 1999 dalam menjalankannya, dan jurnalis/pewarta suatu media terikat dengan norma dan etik jurnalistik dalam menjalankan profesinya.

Adapun saat ini informasi hoaks, ujaran kebencian dan sara masih begitu banyak terutama di dunia maya, padahal sebagaimana Pasal 3 Ayat (1) UU No. 40 Tahun 1999 Tentang Pers mengatakan bahwa pers nasional mempunyai fungsi sebagai media informasi, pendidikan, hiburan, dan kontrol sosial. Pers memiliki andil dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan negara melalui pemberitaan yang benar serta dapat dipertanggung jawabkan. Dengan jumlahnya yang cukup banyak saat ini, sudah seharusnya media online dapat lebih memberikan warna dalam informasi serta pemberitaan yang dapat mengedukasi kepada masyarakat. Untuk itu diperlukan andil yang besar dari industri media online supaya dapat meghadirkan informasi yang sehat dan benar sebagaimana pers sebagai fungsi kontrol yang dapat menjadi pemersatu bangsa. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam dialog tersebut adalah Memahami fungsi media, menjalankan media secara benar dan membangun Nasionalisme.

Kegiatan Dialog Nasional Pers berjalan tertib aman dan lancar. (Red Bag Datin)

 




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia