KEGIATAN EKSPEDISI BAKTI PEMUDA PMK

Senin, 25 November 2019

Ditjen Pothan Kemhan dalam hal ini Direktorat Bela Negara melaksanakan kegiatan ekspedisi bakti pemuda PMK, bekerjasama dengan Kemenko PMK pada Senin (18/11/2019), bertempat di Dodik Secaba Rindam IV Diponengoro Magelang, dengan Narasumber dari Direktorat Bela Negara Ditjen Pothan Kemhan Kolonel Adm Amiruddin Laupe. S. Sos. M. M,. dan Kolonel Inf Badra, dengan peserta dari tiap-tiap Kecamatan dari 8 Kab/Kota dengan jumlah peserta kelas pertama 250 org dan kelas kedua 250 org. Peserta terdiri dari: Staf Kecamatan, Staf Desa, masyarakat, Mahasiswa, Pelajar SMU, Ormas Kec, Tokoh Pemuda, Guru, Bidan dan undangan lainnya.

Pada kesempatan tersebut Narasumber menyampaikan bahwa Nilai-nilai dasar bela negara mempunyai posisi strategis dalam membangun bangsa untuk mengantisipasi berbagai bentuk AGHT. Sejak kemerdekaan NKRI pada tanggal 17 Agustus 1945, telah tumbuh rasa cinta Tanah Air, semangat kebangsaan dan jiwa kejuangan atau patriotisme menuju tercapainya cita-cita bangsa Indonesia.  Memasuki era baru yakni era kemajuan teknologi dan globalisasi yang sangat cepat, telah berkembang bentuk-bentuk AGHT yang sangat kompleks dan dinamis masuk ke seluruh sendi-sendi kehidupan berbangsa dan bernegara yang semakin sulit diditeksi. Oleh karena itu pembangunan karakter bela negara berciri nilai-nilai dasar bela negera bagi setiap warga negara sebagai bagian dari jati diri bangsa semakin penting untuk diaktualisasikan (Aksi Bela Negara) dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Diskusi dan tanya jawab Saran dari peserta mahasiswa untuk kegiatan pembekalan tentang bela negara di sampaikan di perguruan tinggi. Tanggapan dari Kementerian Pertahanan sudah melaksanakan MOU dengan Kemendikti, dimana pada saat kegiatan masa pengenalan sekolah kepada mahasiswa baru diberikan pembekalan tentang Bela Negara.

Kegiatan ekspedisi bakti pemuda PMK berjalan dengan tertib, aman dan lancar (Red Bag Datin)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia