PEMBENTUKAN KADER BELA NEGARA BAGI TOKOH ADAT DI PROVINSI LAMPUNG TA.2019

Kamis, 28 November 2019

Ditjen Pothan Kemhan dalam hal ini Direktur Bela Negara Ditjen Pothan Kemhan Brigjen TNI Herman Djatmiko melaksanakan kegiatan Pembentukan Kader Bela Negara Bagi Tokoh Adat Provinsi Lampung pada Selasa (26/11/2019), bertempat di Aula Batalyon Infanteri 143/TWEJ, dengan jumlah peserta 150 orang. Kegiatan ini dibuka oleh Kakesbangpol Provinsi Lampung Bapak Fiter Syahbudin dan dihadiri oleh para instansi Pemerintah Daerah Provinsi Lampung dan undangan lainnya.

Dalam kesempatan tersebut Direktur Bela Negara Ditjen Pothan Kemhan Brigjen TNI Herman Djatmiko menyampaikan bahwa Bela negara adalah sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD tahun 1945. Kegiatan pembentukan kader bela negara merupakan suatu upaya membangun karakter bangsa, hal ini sangat penting sebagai upaya menumbuhkan semangat patriotisme dan nasionalisme, Sebagai bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati dan menghargai jasa para pahlawan yang telah rela mengorbankan jiwa raganya demi tegaknnya NKRI.

Direktur Bela Negara menyampaikan ada lima unsur Tataran Dasar Bela Negara diantaranya adalah: Cinta tanah air, Sadar berbangsa dan bernegara, Yakin akan pancasila sebagai ideologi negara, Rela berkorban demi bangsa dan negara dan memiliki kemampuan awal bela negara. “Jika kita memiliki sikap bela negara yang kuat, ancaman dalam bentuk apapun, baik yang nyata maupun yang belum nyata, kita akan mampu mendeteksi, melihat cepat sedini mungkin potensi-potensi ancaman tersebut. Sehingga kita dapat mengambil langkah-langkah atau upaya apa yang harus kita terapkan,”.

Kegiatan pembentukan kader bela negara berjalan dengan tertib, aman dan lancar. (Red Bag Datin)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia