BHAKTI BELA NEGARA DI WAMENA PAPUA

Senin, 16 Desember 2019

Dalam rangka menanamkan nilai-nilai Bela Negara kepada masyarakat khususnya untuk mempertebal Nasionalisme, Direktorat Jenderal Potensi Pertahanan Kementerian Pertahanan bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Jayawijaya, RRI, TNI dan Polri melaksanakan kegiatan Pembangunan Karakter Bangsa melalui nilai-nilai Bela Negara Bagi Komponen Bangsa dalam bentuk Bhakti Bela Negara, bertempat di Aula Okhumearek Kabupaten Asso Kab. Wamena Prov. Papua.

Kegiatan dilaksanakan pada Kamis (12/12/2019) dikemas dalam bentuk Dialog Kebangsaan dipandu oleh moderator dari RRI dengan Narasumber: Brigjen Priyanto, S. IP, M.Si. (Han) Direktur Sumdahan, Marthin Yogobi, S.H., M.Hum Wabup Jayawijaya, Pendeta Esmon Walilo Sekretaris FKUB, Alek Doga Kepala Suku Pegunungan Jayawijaya dan Penyerahan Bahan Kontak. Kegiatan ini dihadiri oleh Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat dan Forkopimda jumlah 2500 orang peserta serta undangan lainnya.

Sambutan Dirjen Pothan Kemhan yang dibacakan oleh Dir Sumdahan, menyampaikan bahwa Kegiatan Pembinaan Kesadaran Bela Negara, Sebagai upaya pembentukan sikap mental dan karakter bangsa serta memperkokoh persatuan dalam bingkai NKRI, yang cinta tanah air, sadar berbangsa dan bernegara, setia pada Pancasila, rela berkorban untuk bangsa dan negara serta mempunyai kemampuan awal bela negara. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya dari revolusi mental melalui pembangunan karakter bangsa, sebagaimana telah tertuang dan menjadi prioritas program nawa cita pemerintah. Seperti yang telah diamanatkan dalam UUD 45, bahwa sikap bela negara itu menjadi hak dan kewajiban yang harus dimiliki oleh setiap warga negara. Peserta sangat antusias, menerima pembekalan dari para pemateri dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan kepada narasumber.

Kegiatan Bhakti Bela Negara ini berjalan dengan tertib, aman dan lancar. (Red Bag Datin/Ditbelneg)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia