MONITORING ToT RUDAL NASSAM

Senin, 17 Februari 2020

Direktorat Jenderal Potensi Pertahanan Kemhan sebagai pembina teknologi Industri Pertahanan dalam melakukan peningkatan kemampuan Industri Pertahanan dengan melaksanakan program offset pengadaan Alpalhankam dari Luar Negeri. Kasubdit Imbal Dagang Kandungan Lokal dan Offset (IDKLO) Kolonel Tek Dedy Laksmono, SE. ST., MM. mewakili Dirtekindhan melaksanakan monitoring dan evaluasi serta memberikan pengarahan dan motivasi pada peserta kursus Missile Knowledge Course (MKC) pengadaan Rudal Pam Ibu Kota produk Nassam dari Kongsberg Norwegia. Kursus dilaksanakan dari tanggal 3 s.d 14 Februari 2020 bertempat di Training Center PT DI Bandung.

Kegiatan ini diikuti sebanyak 20 personel terdiri dari: Dislitbangau 2 org, Kohanudnas 2 org, PT. DI 5 org, PT. Pindad 5 org, PT. Len 3 Org dan PT. Datareka Integrasia 3 org. Adapun target dari kegiatan Missile Knowledge Course adalah agar peserta dapat memahami Knowledge Regarding Design, Flight Performance And The Missile Development Process.

Dalam kesempatan ini Kasubdit IDKLO menekankan kepada peserta agar mengikuti kegiatan dengan sungguh-sungguh dan penuh rasa tanggungjawab, mendokumentasikan seluruh ilmu yang diberikan dan menggali sebanyak-banyaknya teknologi tentang rudal dari pemberi materi. Hal ini perlu disampaikan karena peserta merupakan orang-orang terpilih dari instansinya masing-masing yang nantinya merupakan tulang punggung dalam membangun dan mengembangkan rudal nasional sesuai kompetensinya.

Materi ToT disampaikan oleh Mr. Eugene Fleemman dari Kongsberg dengan materi terdiri dari Missile Knowledge Course, Missile Transfer of Technology dan Tactical Software Components pada On the Job Training (OJT) di Norwegia yang rencananya akan dilaksanakan pada bulan Maret 2020. Kegiatan di akhiri dengan Penandatangan Pakta Integritas oleh peserta dari industri pertahanan serta penyerahan Certifikat of Compliance kepada seluruh peserta.

Kegiatan monitoring dan evaluasi serta memberikan pengarahan dan motivasi pada peserta kursus Missile Knowledge Course (MKC) dari pengadaan Rudal Pam Ibu Kota produk Nassam dari Kongsberg Norwegia berjalan lancar.

(Red Bag Datin/Dittekindhan)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia