SOSIALISASI KESADARAN BELA NEGARA DI DUMAI PROVINSI RIAU

Senin, 17 Februari 2020

Direktorat Bela Negara Ditjen Pothan Kemhan melaksanakan kegiatan sosialisasi Kesadaran Bela Negara Lingkup Pemukiman di Kota Dumai Provinsi Riau dilaksanakan di Hotel Grand Zuri selama dua hari Rabu dan Kamis 12 & 13 Februari 2020, kegiatan dihadiri oleh Pejabat Pemerintah Daerah, Pejabat TNI, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda dan organisasi masyarakat di Kota Dumai sebanyak 200 orang.

Direktur Bela Negara Brigjen TNI Jubei Levianto, S.Sos, MM menyampaikan bahwa pembangunan pertahanan Indonesia mengusung sistem pertahanan defensif aktif dengan prinsip bertahan dan bukan berorientasi untuk menyerang, dijabarkan dalam sistem pertahanan keamanan rakyat semesta atau Sishankamrata. Ciri kesemestaan mengandung makna seluruh sumber daya nasional yg ada didayagunakan untuk kepentingan pertahanan negara. Sebagai implementasi dari kesemestaan, beberapa waktu yang lalu UU No.23 tahun 2019 tentang PSDN untuk pertahanan negara telah disahkan pemerintah untuk mentransformasikan SDM, SDA dan Sumber Daya Buatan serta Sarana dan Prasarana Nasional menjadi kekuatan pertahanan negara.

Bela Negara adalah tekad, sikap dan perilaku serta tindakan warga negara baik secara perseorangan maupun kolektif dalam menjaga kedaulatan negara, keutuhan wilayah, dan keselamatan bangsa dan negara yg dijiwai oleh kecintaannya kepada NKRI yg berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara dari berbagai ancaman. Bela Negara bukan wajib militer, bela negara bukan merupakan metamorfosa militerisme gaya baru tetapi bela negara merupakan hak dan kewajiban seluruh warga negara Indonesia untuk berperanserta mempertahankan eksistensi bangsa dan negara sesuai dengan profesinya masing-masing.

Salah satu upaya yang paling demokratis dalam membangun kesadaran bela negara adalah Sosialisasi Kesadaran Bela Negara. Melalui kegiatan sosialisasi kesadaran bela negara ini, Kemhan berharap akan terbentuk duta-duta bela negara yang mengharumkan dan membanggakan bangsa Indonesia sekaligus menjadi Role Model dan garda terdepan dalam mengaktualisasikan dan menyebarluaskan nilai- nilai bela negara kepada masyarakat Dumai.

Kegiatan sosialisasi Kesadaran Bela Negara Lingkungan Pemukiman di Dumai Provinsi Riau berjalan lancar. (Red Bag Datin/Ditbelneg)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia