DISKUSI PERTAHANAN

Kamis, 20 Februari 2020

Dirjen Pothan Kemhan Prof. Dr. Ir. Bondan Tiara Sofyan, M.Si. hadir sebagai narasumber dalam Diskusi Pertahanan yang diselenggarakan oleh Biro Humas Setjen Kemhan pada hari Kamis (20/02/2020) bertempat di Balai Media Kementerian Pertahanan didampingi oleh Juru Bicara Menhan RI Dr. Dahnil Anzar Simanjuntak, ME, Karo Humas Setjen Kemhan Brigjen TNI Totok Sugiharto, S.Sos, Dirsumdahan Ditjen Pothan Kemhan Brigjen TNI Priyanto, S.I.P., M.Si. (Han) serta dihadiri para awak media berjumlah 30 orang. Kegiatan ini mengangkat tema “Sistem Pertahanan Rakyat Semesta”.

Acara diawali pengantar dari Juru Bicara Menhan bahwa kegiatan ini diwujudkan sebagai upaya untuk memperkecil jarak pemahaman tentang Pertahanan Negara antara awak media dengan Kemhan, Mabes TNI maupun Mabes Angkatan. Oleh karena itu harapan kedepan awak media lebih memahamai, lebih arif dan bijak dalam mengolah informasi yang akan disampaikan kepada publik.

Pada sesi selanjutnya Dirjen Pothan Kemhan menyampaikan paparan tentang Sistem Pertahanan Semesta dari sisi Perundang-undangan, yang diawali dengan UUD 45 Pasal 30 kemudian turun ke UU Nomor 3/2002 tentang Pertahanan Negara dan yang terakhir yaitu UU Nomor 23/2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional, lebih lanjut Dirjen Pothan menyampaikan bahwa dalam Pertahanan Negara ada 3 hal yang dijaga yaitu Kedaulatan Negara, Keutuhan Wilayah dan Keselamatan Bangsa dari segenap ancaman baik ancaman militer maupun non militer yang menjadi tanggung jawab kita bersama. Ketika muncul ancaman militer maka TNI menjadi Komponen Utama dengan dibantu oleh Komponen Cadangan dan Komponen Pendukung namun apabila terjadi ancaman non militer maka Kementerian/Lembaga yang membidangi menjadi Komponen Utama dengan didukung oleh kekuatan TNI.

Sebagai penutup diskusi diakhiri dengan Tanya jawab dan wawancara.

Kegiatan diskusi Pertahanan berjalan dengan tertib, aman dan lancar. (Red Bag Datin)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia