RAKERNAS GERAKAN PRAMUKA TAHUN 2020

Kamis, 20 Februari 2020

Kwarnas Gerakan Pramuka melaksanakan kegiatan Rapat Kerja Nasional Gerakan Pramuka pada hari Rabu (19/02/2020) di Gedung Sarbini, Taman Wiladatika, Cibubur Jakarta Timur. Rakernas dibuka oleh Menteri Pemuda dan Olah Raga Bapak Zainudin Amali di dampingi oleh Deputi Bidang Pemuda serta dihadiri oleh Andalan Nasional dan Andalan Daerah utusan Kwarda Gerakan Pramuka seluruh Indonesia yang berjumlah 400 orang. Rakernas yg mengambil tema “Peningkatan Peran Pramuka dalam Bela Negara dan Penanggulangan Bencana”.

Dirjen Pothan Kemhan Prof. Dr. Ir. Bondan Tiara Sofyan, M.Si, hadir sebagai narasumber menyampaikan bahwa Pada era revolusi industri 4.0 tidak hanya menuntut kesiapan Sumber Daya Manusia yang mampu mengikuti perkembangan teknologi dengan cepat, tetapi juga harus memiliki sikap mental dan perilaku bela negara. Menyadari bahwa anggota Gerakan Pramuka adalah mayoritas Generasi Milenial, maka perlu kiranya kita memahami karakteristik milenial yang ingin merubah perilaku mainstream yang dilakukan kebanyakan orang selama ini. Generasi milenial yang lahir dan besar di era kemajuan teknologi, sudah barang tentu kehidupannya tak terlepas dengan teknologi, disamping kreatif dan inovatif. Kesenangannya untuk menjelajah dunia tidak menyurutkan dirinya mencintai Indonesia. Mereka punya cara sendiri bagaimana mencintai negaranya, mereka punya cara sendiri bagaimana membela negaranya. Oleh karena itu harus menanamkan nilai-nilai dasar dalam pembinaan kesadaran bela negara yaitu Cinta tanah air, Sadar berbangsa dan bernegara, Setia pada Pancasila sebagai ideologi negara, Rela berkorban untuk bangsa dan negara, serta Kemampuan awal bela Negara.

Acara dilanjutkan dengan pencerahan dari Deputi Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BNPB Bapak Wisnu Wijaya serta dilanjutkan dengan Tanya jawab.

Kegiatan Rakernas Gerakan Pramukan berjalan dengan tertib, aman dan lancar (Red Bag Datin/Dit Bela Negara)

FOTO-FOTO KEGIATAN KLIK DISINI




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia