KEGIATAN PENDATAAN POTENSI SDM DAN SARPRAS NASIONAL UNTUK KOMPONEN PENDUKUNG PERTAHANAN NEGARA DI PROVINSI SUMATERA BARAT

Kamis, 27 Februari 2020

Direktorat Sumber Daya Pertahanan Ditjen Pothan Kemhan melaksanakan kegiatan Pendataan Potensi SDM dan Sarpras Nasional untuk Komponen Pendukung Pertahanan Negara di Wilayah Provinsi Sumatera Barat Tahun 2020, yang bertempat di kantor Dukcapil Sumatera Barat, Rabu (26/2/2020)

Tujuan kegiatan ini untuk mendapatkan data potensi pertahanan yang ada di Sumatera Barat. Adapun sambutan Direktur Sumber Daya Pertahanan Ditjen Pothan Kemhan RI, Brigjen TNI Priyanto yang dibacakan oleh Kolonel Arh Rochim Setiawan R.W mengatakan, sebagaimana dalam UU No 3 Tahun 2002 tentang pertahanan negara bahwa Sistem pertahanan negara Indonesia bersifat semesta yang melibatkan seluruh warga negara, wilayah dan sumber daya nasional lainnya.

Serta dipersiapkan secara dini oleh pemerintah dan diselenggarakan secara total,  terpadu, terarah, dan berlanjut untuk menegakan kedaulatan negara, keutuhan wilayah dan keselamatan segenap bangsa dari segala ancaman, oleh karena itu melalui kegiatan ini diharapkan akan diperoleh data SDM dan Sarpras Nasional untuk komponen pendukung yang valid dan akurat yang tersebar di Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Barat sebagai data awal dalam pelaksanaan penataan Komponen Pendukung pertahanan negara.

Sementara itu, Sekretaris Badan Kesbangpol Provinsi Sumatera Barat Bapak Firdaus, mengatakan dalam era reformasi telah banyak membawa perubahan, hampir disegala bidang, baik itu perubahan positif maupun sisi lain mendorong kepada arah negatif yang memudarkan semangat nasionalisme dari kecintaan yang terkadang merugikan kehidupan Kesatuan Republik Indonesia. Termasuk ancaman yang akan datang pada masa sekarang, salah satunya ancaman nyata seperti terorisme, radikalisme, bencana alam dan lainnya.

Kegiatan Pendataan Potensi SDM dan Sarprasnas di Provinsi Sumatera Barat berjalan dengan tertib, aman dan lancar. .(Red Bag Datin/Dit Sumdahan)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia