PENANDATANGANAN MoU KERJASAMA BIDANG LOGISTIK DAN INDUSTRI PERTAHANAN

Selasa, 3 Maret 2020

Indonesia dan Filipina menyepakati kerjasama di bidang logistik dan industri pertahanan yang ditandai dengan penandatangan Memorandum of Understanding on Logistics and Defence Industry Cooperation Between The Goverment of The Republic of Indonesia and The Goverment of The Republic of Philippines.

MoU tersebut ditandatangani oleh Direktur Potensi Pertahaan Kementerian Pertahanan RI Prof. Dr. Ir. Bondan Tiara Sofyan, M.Si., bersama dengan Undersecretary for Finance and Material, Departement of National Defense of Philippines Air Marshal (Ret) Raymundo DV Elefante, Kamis (27/02/2020) di Aula Abdi Negara Gedung R. Suprapto Lt. 8.

Hadir pada acara tersebut sejumlah pejabat di lingkungan Kemhan, Kemenlu, perwakilan Dirut Industri Pertahanan Indonesia, Pejabat Eselon III dan perwakilan Eselon IV Ditjen Pothan Kemhan. Sedangkan dari pihak Filipina turut hadir Duta Besar Filipina untuk Indonesia dan Atase Pertahanan Filipina di Jakarta.

Dalam jumpa pers Dirjen Pothan Kemhan menyampaikan bahwa MoU ini mengenai kerja sama logistik industri pertahanan yang menjadi payung hukum kerjasama kedua negara khususnya industri pertahanan.

Indonesia berharap bisa ikut berpartisipasi dalam proses procurement Alutsista melalui G to G di negara Filipina dan dapat men-suplay kebutuhan material pertahanan Filipina. Sebelumnya Filipina telah membeli produk-produk industri pertahanan Indonesia diantaranya Kapal SSV buatan PT PAL Indonesia, dan juga membeli produk Pesawat dari PT. DI (Persero) dan lain-lain.

Sementara itu, Undersecretary for Finance and Material, Departement of National Defense of Philippines Air Marshal (Ret) Raymundo DV Elefante mengatakan, sebagai dua negara yang bertetangga selama ini hubungan kerjasama Indonesia dan Filipina khususnya di bidang pertahanan telah terjalin baik.

Dengan ditandatanganinya MoU kerjasama logistik dan industri pertahanan ini diharapkan akan menjadi awal yang baik bagi peningkatan kerjasama kedua negara khususnya di bidang industri pertahanan.

Penandatanganan MoU Kerjasama bidang logistik dan Industri Pertahanan berjalan dengan tertib, aman dan lancar (Red Bag Datin).




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia