UPACARA PEMBUKAAN BIMTEK KOMDUK HANNEG BIDANG KESEHATAN COVID-19

Selasa, 21 April 2020

Dirjen Pothan Kemhan Prof. Dr. Ir. Bondan Tiara Sofyan. M. Si., Sebagai irup dalam upacara pembukaan Bimbingan Teknis Komponen Pendukung Pertahanan Negara bidang kesehatan Guna Membangkitkan Kesadaran Bela Negara dan percepatan penanggulangan covid-19, pada Selasa 21 April 2020 di Badiklat Kemhan Pondok Labu Jakarta Selatan. Kegiatan ini dihadiri oleh Para Pejabat di lingkungan Kemhan dan undangan lainnya.

Dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Untuk Pertahanan Negara (PSDN) telah ditegaskan bahwa pengelolaan sumber daya nasional digunakan untuk menghadapi ancaman yang salah satunya adalah wabah penyakit. Selanjutnya Undang-Undang PSDN dijabarkan dengan Keputusan Presiden RI Nomor 7 Tahun 2020 tentang Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Dalam ikut serta mengatasi permasalahan tersebut Kementerian Pertahanan membentuk Relawan Komponen Pendukung yang antara lain Relawan kesehatan sebanyak 300 orang terdiri dari 195 wanita dan 105 Pria, yang terdiri dari berbagai disiplin ilmu kesehatan diantaranya: Dokter, Kesmas, Bidan, Perawat, Ahli Gizi, Analis kesehatan, Farmasi, Psykologi dan Radiologi, pendaftaran dilakukan selama 5 hari dimulai dari tanggal 16 s.d 20 April 2020, dengan pentahapan pendaftaran melalui media Online, dilanjutkan registrasi pendaftaran ke posko sekretariat penerimaan relawan di The Media Hotel Kemayoran Jakata Pusat, dilanjutkan menuju ke Rumah Sakit Dr. Suyoto Bintaro Jakarta Selatan untuk melaksanakan Medical Check Up (MCU) dan relawan yang dinyatakan lulus seleksi wajib mengikuti Diklat selama 14 hari yang dilaksanakan pada tanggal 21 April s/d 4 Mei 2020.

Dalam amanatnya Dirjen Pothan menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para relawan kesehatan yang telah dengan sukarela mendaftarkan diri demi negara dan bangsa untuk turut serta berpartisipasi membantu pemerintah mengatasi wabah virus Covid-19, mereka merupakan garda terdepan yang siap menghadapi semua resiko dilapangan, untuk itu kita harus siapkan secara maksimal dalam pembekalan baik ilmu pengetahuan, fisik dan mental sehingga diterjunkan ke Rumah Sakit sudah siap.

Para relawan kesehatan selama mengikuti Bimtek akan dibekali beberapa materi diantaranya: Nilai-nilai Bela Negara, Wawasan Kebangsaan, Pengetahuan penanggulangan bencana, pengetahuan hukum Perundang-undangan, Manajemen Klinis, dan Sishankamrata. Diharapkan seluruh peserta agar betul-betul menyimak apa yang disampaikan oleh para Dosen atau pembimbing, Ingat bahwa Bela Negara tidak identik militerisme namun dengan apa yang kita miliki dan diaplikasikan dalam kehidupan dan bermanfaat untuk masyarakat itupun wujud dari Bela Negara. Diakhir amanatnya Dirjen Pothan memberikan penekanan kepada seluruh peseta agar mengikuti pelatihan dan menjalankan protokol penanganan pencegahan penyebaran virus Covid-19 dengan baik, jaga kesehatan, disiplin dan tetap semangat serta tunjukan dedikasi yang tinggi untuk ikut berbakti kepada bangsa dan negara.

Kegiatan Upacara pembukaan Bimtek Komduk Bidang Kesehatan dalam rangka percepatan penanggulangan covid-19 berjalan tertib aman dan lancar. (Red Bag Datin)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia