SIDANG PENETAPAN DAN PENERBITAN TANDA KEHORMATAN VETERAN TRIWULAN II TAHUN 2020

Selasa, 16 Juni 2020

Direktorat Veteran Ditjen Pothan Kemhan melaksanakan Sidang Penetapan dan Penerbitan Tanda Kehormatan Veteran triwulan II tahun 2020 pada hari Rabu 10 Juni 2020. Mengingat dalam situasi Pandemi Covid 19, sidang tidak menghendaki dilaksanakan bertemu secara tatap muka langsung, sidang kali ini dilakukan secara online melalui Video Conference dengan menerapkan kebijakan tatanan normal baru, yaitu menghadirkan peserta sidang secara tatap muka langsung maksimal 50 % dan secara online mengikuti dari satuan masing-masing dengan menjalankan protokol kesehatan yaitu memakai masker dan menjaga jarak dalam pelaksanaan sidang. Sidang Penetapan dan Penerbitan Tanda Kehormatan Veteran secara rutin dilakukan setiap triwulan dengan tujuan menyeleksi berkas para calon veteran yang layak untuk memperoleh Piagam Tanda Kehormatan Veteran dimana Keputusannya menjadi kewenangan Menteri Pertahanan RI. Warga Negara RI yang pernah berjuang untuk membela Negara Kesatuan Republik Indonesia, bila memenuhi persyaratan yang ditentukan memiliki hak untuk diajukan sebagai veteran dan akan menerima Piagam Tanda Kehormatan Veteran, secara otomotis juga akan menerima Tunjangan Veteran dan Dana Kehormatan Veteran yang diterima setiap bulan melalui PT. Taspen (Persero) di wilayah tempat tinggal masing-masing.

Kegiatan Sidang secara online dipimpin oleh Direktur Veteran Ditjen Pothan Kemhan, Brigjen TNI Haryadi, S.IP bertempat di ruang VIP lantai 8 Gedung R. Soeprapto Ditjen Pothan Kemhan dan dihadiri oleh Pengurus DPP LVRI, PT. Taspen (Persero), Diswatpersal, Diswatpersau, Birowatpers SSDM Polri dan para Kababinminvetcaddam seluruh Indonesia dengan mengikuti secara online melalui Video Conference. Dalam sambutannya Direktur Veteran menyampaikan bahwa, apa yang dilakukan saat ini sebagai pendorong dan semangat untuk senantiasa memperhatikan para veteran dengan meningkatkan kualitas penyelesaian administrasi keveteranan secara teliti dan tepat sasaran guna memberikan yang terbaik dalam penyelesaian administrasi veteran, selain itu menjadikan ladang amal bhakti kelak dikemudian, sehingga apa yang telah diperbuat saat ini hasilnya dapat memberikan manfaat kepada para veteran sebagai wujud penghargaan serta rasa terima kasih atas jasa-jasa para veteran.

Sidang Penetapan dan Penerbitan Tanda Kehormatan triwulan II tahun 2020 menyeleksi 1.542 berkas calon veteran, yang tidak memenuhi persyaratan administrasi sesuai ketentuan yang berlaku sebanyak 36 berkas, sehingga keputusan Sidang menetapkan sebanyak 1.506 berkas calon veteran layak untuk diproses mendapatkan Keputusan Menteri Pertahanan RI memperoleh Piagam Tanda Kehormatan Veteran dan secara otomatis menjadi veteran baru.

Kegiatan Sidang Penetapan dan Penerbitan Tanda Kehormatan Veteran triwulan II tahun 2020 berjalan dengan tertib aman dan lancar. (Red Bag Datin/Ditveteran)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia