WEBINAR FESTIVAL BELA NEGARA “MAHAKARYA MERAH PUTIH”

Rabu, 26 Agustus 2020

Jakarta Rabu (26 Agst 2020). Dirjen Pothan Kemhan Prof. Dr. Ir. Bondan Tiara Sofyan, M.Si., sebagai Narasumber Webinar Festival Bela Negara “Mahakarya Merah Putih”, dilaksanakan secara Virtual di Livestreaming RCTI.

Kegiatan webinar ini dipandu oleh Bapak Andri dari RCTI. Selain Dirjen Pothan Kemhan, hadir selaku narasumber yaitu Laksamana Madya TNI Dr. Amarulla Octovian, ST., M.Sc., DESD., CIQnR (Rektor Unhan), Bapak Deni Hamzah, ST, MBA, CWMA (Head of Unit Gadai Efek PT. Pegadaian (Persero)), dan Bapak Reza Sadat Shahmeini, SE, MM (Kepala Kantor Perwakilan Bursa Efek Indonesia Jawa Barat).

Dalam kesempatan tersebut Dirjen Pothan Kemhan menyampaikan tentang Fungsi dan Peran Ditjen Pothan Kemhan. Peran Ditjen Pothan adalah mentranformasikan semua potensi-potensi pertahanan untuk menjadi kekuatan pertahanan sebagai komponen utama TNI didukung oleh Komcad dan Komduk, semua didasarkan oleh semangat bela negara dari seluruh warga negara. Sedangkan fungsi Ditjen Pohan adalah untuk membentuk Komcad, menata Komduk, memasyarakatkan bela negara. Pengertian bela negara adalah sikap, tekad, prilaku, tindakan yang menunjukkan kecintaan kepada NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Bela Negara bukan waib militer dan bukan pendidikan militer, tapi merupakan basis pertahanan negara. Kesadaran bela negara dibangun sebagai softpower pertahanan negara. Bila sudah memiliki kesadaran bela negara, kita berharap pertahanan negara semakin kuat. Dalam sisten pertahanan Sishankamrata, seluruh komponen negara dilibatkan yaitu warga negara, wilayah, dan sumber daya alam dan sumber daya nasional lainnya. 

Rektor Unhan menyampaikan sejarah singkat berdirinya Unhan. Dalam penjelasannya, beliau mengatakan pendirian Unhan ini menunjukkan bahwa Kemhan memiliki kepedulian dan pemikiran yang strategis terhadap pentingnya ilmu pertahanan menjadi salah satu disiplin tersendiri di Indonesia untuk dapat memberikan manfaat bagi masyarakat luas.

Kegiatan Webinar Festival Bela Negara Mahakarya Merah Putih dilaksanakan secara Virtual di Livestreaming RCTI berjalan dengan tertib aman dan lancar. (Red Bagdatin)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia