Rapat Pelaksanaan Evaluasi RB dan SAKIP

Selasa, 29 September 2020

Rapat Pembahasan Pelaksanaan Evaluasi Reformasi Birokrasi dan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Kementerian Pertahanan Tahun 2020, dilaksanakan Kementerian Pertahanan pada Selasa 29 Sep 2020. Ditjen Pothan Kemhan sebagai salah satu Unit kerja di Kementerian Pertahanan mendapatkan giliran paparan Evaluasi RB dan SAKIP pada siang hari. Sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19, maka pelaksanaan Evaluasi Reformasi Birokrasi dan SAKIP Kemhan oleh Kemen PAN RB tersebut dilaksanakan dengan metode komunikasi daring atau virtual.

Rapat antara Ditjen Pothan Kemhan dengan Kemenpan RB dipimpin langsung oleh Dirjen Pothan Prof. Dr. Ir. Bondan Tiara Sofyan, M.Si., diikuti oleh seluruh pejabat dari Eselon I,II dan III di lingkungan Ditjen Pothan Kemhan. Pada kesempatan tersebut Dirjen Pothan, menyampaikan dengan adanya PMPRB ini bisa membawa dampak yang baik bagi perubahan dan tatanan Reformasi Birokrasi, dengan adanya kerangka logis Evaluasi RB, baik internal maupun eksternal tersebut, diharapkan akan menghasilkan kapasitas dan akuntabilitas organisasi, peningkatan pelayanan publik, serta pemerintah yang bersih dan bebas KKN sehingga tercipta perbaikan penerapan manajemen kinerja yang berkelanjutan. Selanjutnya Dirjen Pothan Kemhan memaparkan kemajuan pelaksanaan Reformasi Birokrasi di Ditjen Pothan yang meliputi delapan area perubahan sebagai berikut:

8 Area Perubahan Reformasi Birokrasi Ditjen Pothan Kemhan

  1. Manajemen perubahan.
  2. Deregulasi Kebijakan.
  3. Penataan dan Penguatan Organisasi.
  4. Penataan Tata laksana.
  5. Penataan Tata Manajemen SDM Aparatur.
  6. Penguatan Pengawasan.
  7. Penguatan Akuntabilitas Kinerja.
  8. Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik.

Meskipun menggunakan metode komunikasi daring atau virtual dan tidak dilakukan dengan bertatap muka dan bersilaturahami secara langsung, namun tetap tidak akan mengurangi makna pelaksanaan Evaluasi Reformasi Birokrasi dan SAKIP di Kemhan termasuk di Ditjen Pothan Kemhan.

Kegiatan Rapat Pelaksanaan Evaluasi RB dan Sakip berjalan dengan tertib aman dan lancar. (Red Bagdatin)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia