PEKAN ORIENTASI MAHASISWA BARU MNC COLLEGE

Rabu, 30 September 2020

Rabu 30/09/2020 Dirjen pothan Kemhan Prof. Dr. Ir. Bondan Tiara Sofyan, M.Si, hadir secara virtual sebagai narasumber pada kegiatan Pekan Orientasi Mahasiswa Baru MNC College yang dihadiri para narasumber dan peserta Mahasiswa Baru sebanyak 100 orang.

Dalam paparannya Prof. Dr. Ir. Bondan Tiara Sofyan, M.Si menyampaikan bahwa kita sebagai warga negara berhak dan wajib Bela Negara, hal ini dimaksudkan untuk menjaga kedaulatan negara, keutuhan wilayah dan keselamatan bangsa. Dalam perjalanannya selama 75 tahun merdeka bangsa Indonesia senantiasa mengalami dinamika dan ancaman yang luar biasa mulai dari peristiwa G30S PKI, yang telah menewaskan 7 Jenderal kemudian bergantinya masa dari orde lama kepada orde baru, selanjutnya tahun 1998 terjadinya peristiwa Reformasi yang menuntut kebebasan berdemokrasi. Konflik horizontal masih menjadi ancaman besar bangsa ini (Islam dan Kristen di Ambon, suku Dayak dan Madura di Kalimantan, lepasnya Pulau Sipadan dan Ligitan, pemisahanan Timor Timur, Aceh ingin memisahkan diri dll). Belum lagi ancaman penyalahgunaan narkoba, korupsi, serta Pandemi Covid-19 yang sampai dengan hari ini belum berakhir.

Bung Karno pernah mengatakan bahwa perjuangan kami lebih mudah melawan penjajah, perjuangan kalian lebih susah ketika melawan bangsa sendiri. Oleh karena itu dalam menghadapi ancaman tersebut maka diperkuat dengan SISHANKAMRATA serta perlunya peningkatan kesadaran Bela Negara.

Acara dilanjutkan dengan diskusi.

Penyampaian materi dalam Pekan Orientasi Mahasiswa Baru MNC College berjalan dengan tertib, aman dan lancar (Red Bagdatin)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia