JAM PIMPINAN DIRJEN POTHAN

Selasa, 13 Oktober 2020

  Senin (12/10/2020).Dalam pembukaannya Dirjen Pothan Kemhan Brigjen TNI Dadang Hendrayudha menyampaikan agar Pandemi Covid19 ini tidak menjadi penghalang untuk melaksanakan tugas, tetapi justru menjadi POTENSI untuk mengembangkan kinerja untuk mendukung tugas pokok dan pejabaran perintah pimpinan.

Pada kesempatan ini, ada beberapa materi pengarahan yang Beliau sampaikan, antara lain:

1. Pembangunan SDM. Dirjen Pothan memberi kesempatan untuk sekolah dan menambah pengetahuan. Selain itu, sebagai seorang Perwira harus bisa menjabarkan tugas pokoknya dengan rencana dan target kerja yang jelas.

2. Simplikasi Regulasi. UU PSDN perlu dijabarkan kembali. Berdayakan para analis untuk membuat produk dan bangun teamwork yang kuat. Buat pertemuan dengan para Kepala Staf Angkatan untuk membahas program kerja sehingga relevan dengan kebutuhan angkatan sebagai user.

3. Penyederhanaan Birokrasi. Tingkatkan pelayanan dengan inovasi pembuatan sistem internal untuk mendukung pelaksanaan tugas. Semua kebijakan Menhan dijabarkan/diterjemahkan dalam peraturan-peraturan yang memudahkan birokrasi dan pelaksanaannya.

4. Mengimplementasikan Pertahanan Semesta dalam Program Pothan. Buku/peraturan yang sudah disusun disebarluaskan/disosialisasikan ke masyarakat sehingga dapat dipahami. Munculkan ide-ide cemerlang dengan outcome yang jelas.

5. Potensi Pertahanan. Bahaya laten PKI tidak boleh diabaikan. Hati-hati bila akan share info ke publik, koordinasikan dengan pejabat terkait. Koordinasi dengan Strahan dan pejabat yang expert di bidangnya sehingga yang disampaikan dapat dipertanggungjawabkan.

6. Kolaborasi Pertahanan Semesta. Buat laporan tentang perkembangan program Badan Cadangan Logistik Strategis dan cadangan pangan. Pembuatan Komdukkes, sertakan data tentang siapa saja relawannya, berapa pasiennya, berapa pasien sembuh, dll.

7. Perlunya Penguatan Pertahanan. Buat sistem informasi bersama Pusdatin sehingga tersedia data dan informasi yang dibutuhkan. Tindaklanjuti dengan pembuatan MoU tentang pertukaran informasi. Selain itu, Kemhan harus selalu berorientasi pada Kesiapan Perang.

8. 5 prinsip Penguatan Kinerja

1) Loyalitas dan dedikasi

2) Integritas dan kapabilitas

3) Profesionalitas dan disiplin

4) Jujur dan transparan

5) Soliditas dan solidaritas

Pada akhir pengarahannya, Dirjen Pothan memberikan penekanan pada Sekretariat dan Direktorat serta mengingatkan tentang pentingnya membaca, membangun sinergitas dengan satuan terkait. Beliau juga mengusulkan untuk membuat DESA BELA NEGARA bekerjasama dengan instansi/kementerian yang lain. (Red Bagdatin)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia