MEMBANGUN SINERGI DAN KOLABORASI DI BIDANG BELA NEGARA, DIRJEN POTHAN KEMHAN SILATURAHMI DENGAN SEKJEN KEMENAG DAN DIRJEN DIKTI KEMENDIKBUD

Selasa, 13 Oktober 2020

Jakarta (12/10/2020) Direktur Jenderal Potensi Pertahanan Kementerian Pertahanan, Brigjen TNI Dadang Hendrayudha didampingi oleh Direktur Bela Negara Brigjen TNI Dr. Jubei Levianto, S.Sos., MM dan Dirsumdahan Kol. Inf. Faridh Amran, SH. melaksanakan silaturahmi dengan Sekjen Kementerian Agama Prof. Dr. Nizar Ali, M.Ag.

Pada hari yang sama Dirjen Pothan juga melaksanakan kunjungan silaturahmi dengan Dirjen Pendidikan Tinggi Kemendikbud Prof. Dr. Ir. Nizam, M.Sc., Ph.D., IPM.

Pertemuan ini merupakan kunjungan pertama Dirjen Pothan kepada kementerian/lembaga terkait dalam rangka membangun sinergi dan kolaborasi pelaksanaan program dan kegiatan Ditjen Pothan terkait pembangunan SDM khususnya dalam hal pembangunan sikap mental dan perilaku bela negara dan rencana pembentukan komponen cadangan dalam konteks merdeka belajar.

Keinginan penguatan sinergi dan kolaborasi ini dilatarbelakangi oleh keprihatinan fenomena dan kondisi belakangan ini, antara lain maraknya pengaruh faham radikal yang dilakukan oleh oknum atau kelompok-kelompok radikal yang secara masif ingin mempengaruhi pola pikir/mindset masyarakat khususnya generasi muda melalui berbagai cara, baik melalui media sosial maupun berbagai kegiatan pendidikan sekolah hingga perguruan tinggi.

Pembangunan SDM ini merupakan tugas besar yang sangat strategis dan harus dipikul bersama seluruh K/L untuk mewujudkan SDM Unggul menuju Indonesia Emas 2045. Salah satunya melalui penanaman nilai-nilai bela negara sejak dini guna membangun sikap mental warga negara yang memiliki kecintaan pada tanah air, sadar berbangsa bernegara, setia pada Pancasila sebagai ideologi negara serta memiliki kemampuan awal bela negara.

Pembangunan SDM ini merupakan tugas besar yang sangat strategis dan harus dipikul bersama seluruh K/L untuk mewujudkan SDM Unggul menuju Indonesia maju pada Ulang Tahun Emas 2045. Salah satu programnya adalah penanaman nilai-nilai bela negara sejak dini guna membangun sikap mental warga negara yang memiliki kecintaan pada tanah air, sadar berbangsa bernegara, setia pada Pancasila sebagai ideologi negara serta memiliki kemampuan awal bela negara.

Agar Sinergi dan kolaborasi ini dapat dikonkritkan dalam bentuk program dan kegiatan, Kementerian Pertahanan berencana akan segera menindaklanjuti dengan Kesepakan Bersama Kementerian Agama dan Kemendikbud. Selanjutnya, kunjungan atau silaturahmi juga akan dilaksanakan ke kementerian/lembaga terkait lainnya.

Kegiatan berjalan dengan tertib aman dan lancar. (Red Bagdatin/Ditbelneg)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia