WEBINAR NASIONAL PASIS SEKKAU A-108 TA. 2020

Rabu, 21 Oktober 2020

Rabu 21/10/2020 Sesditjen Pothan Kemhan Brigjen TNI Aribowo Teguh Santoso, S.T., M.Sc. hadir mewakili Menteri Pertahanan sebagai keynote speech dalam Webinar Nasional Pasis Sekkau A-108. Turut hadir dalam kegiatan ini Komandan Kodiklatau Marsda TNI Tatang Harlyansyah, S.E., M.M. , Komandan Sekkau, narasumber dari Kemhan Kolonel Tek Dedy Laksmono (Kasubdit IDKLO Dittekindhan Ditjen Pothan Kemhan), serta Perwira Siswa Sekkau yang berjumlah 103 orang. Webinar Pasis Sekkau A-108 mengangkat tema “Kemandirian Industri Pertahanan di Era Covid-19”.

Dalam sambutan yang dibacakan oleh Brigjen TNI Aribowo Teguh Santoso, S.T., M.Sc., Menhan menyampaikan bahwa dalam penyelenggaraan pertahanan negara, visi pemerintah dijabarkan menjadi rumusan kebijakan pertahanan negara yang menjadikan instrumen pertahanan sebagai sebuah investasi.

Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2012 tentang Industri Pertahanan memberikan jaminan pembelian Alat Peralatan Pertahanan dan Keamanan oleh pemerintah, dalam rangka kemandirian Industri Pertahanan untuk memenuhi kebutuhan Alpalhankam baik matra darat, laut, maupun udara. Pembelian Alutsista dari luar negeri harus diikuti dengan alih teknologi ataupun skema Imbal Dagang, pemenuhan persyaratan Kandungan Lokal dan kegiatan Ofset.

Dalam penanganan Pandemi Covid-19 Kemhan juga membangun kerjasama dengan komunitas internasional, antara lain:

Menerima dan mendistribusikan bantuan Alat Kesehatan (Alkes) dari beberapa negara sahabat, di antaranya melalui Humanitarian Aid dari RRT, ASEAN Defence Senior Officials Meeting (ADSOM) atau ASEAN Defence Minister Meeting (ADMM) sebagai komunitas sesama ASEAN, termasuk berbagai partisipasi bantuan dari Industri Nasional. Kemhan juga menerima dan menyalurkan bantuan 30 Ton alat kesehatan berupa: masker, APD dan berbagai alat medis lainnya dari Kementerian Pertahanan Australia dan Australian Defence Organization/ADO.

Webminar dilanjutkan dengan paparan dari narasumber serta diakhiri dengan diskusi dan tanya jawab.

Pelaksanaan Webminar Nasional Pasis Sekkau A-108 Tahun 2020 berjalan dengan tertib, aman dan lancar. (Red Bagdatin)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia