RAPAT ROADMAP INDHAN

Kamis, 5 November 2020

Jakarta (05/11), Dirjen Pothan Kemhan, Mayjen TNI Dadang Hendrayudha memimpin rapat Penyusunan Roadmap (Peta Jalan) Industri Pertahanan 2020-2024 di Ruang Rapat Dirjen Pothan Kemhan Gedung R Suprapto Lantai 2 Ditjen Pothan Kemhan. Hadir pada kegiatan tersebut adalah Prof. Yohannes Surya (Penasehat Khusus Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi) dan tim, Perekayasa Utama Pustekindhankam BPPT, Dirhankam Bappenas, Konsultan Penyusun Roadmap Indhan, dan Kasubdit Dittekindhan Ditjen Pothan Kemhan beserta staf.

Selaras dengan amanah Undang Undang RI Nomor 16 Tahun 2012 tentang Industri Pertahanan, untuk mencapai kemandirian Indhan dalam pemenuhan Alpalhankam maka diperlukan penyusunan Roadmap Industri Pertahanan sebagai bagian dari perencanaan strategis pengembangan Industri Pertahanan. Dalam sambutannya Dirjen Pothan Kemhan memberikan penekanan bahwa penyusunan Roadmap ditujukan untuk mencapai kemandirian pemenuhan kebutuhan Alpalhankam dan mengurangi angka pertumbuhan impor yang lebih tinggi daripada ekspor dengan cara mewujudkan sinkronisasi antara kebutuhan pengguna dengan ketersediaan Alpalhankam yang dihasilkan oleh Industri Pertahanan, pengembangan kompetensi Industri Pertahanan, meningkatkan harmonisasi produksi, dan transaksi antartier dalam Industri Pertahanan, serta meningkatkan kontribusi Industri Pertahanan untuk mendukung substitusi impor.

Kita berharap hasil dari penyusunan Roadmap ini dapat bermanfaat serta bersinergi dengan kementerian/lembaga lain dan menjadi pedoman dalam pengembangan industri pertahanan agar kuat, mandiri dan berdaya saing. Dalam kemandirian Indhan diperlukan Political Will dari pemerintah dan user diikuti profesionalisme dari Industri Pertahanan.

Kegiatan berjalan tertib, aman dan lancar. (Red Bagdatin/Ditekindhan).




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia