WEBINAR GLOBALISASI DAN KETAHANAN PANGAN GLOBAL URGENSI PELIBATAN DALAM UPAYA KETAHANAN PANGAN

Selasa, 15 Desember 2020

Pada tanggal 15 Desember 2020 Dirsumdahan Ditjen Pothan Kemhan hadir mewakili Dirjen Pothan sebagai narasumber di Webinar FISIP UI dengan tema “Globalisasi dan Ketahanan Pangan Global Urgensi Pelibatan dalam Upaya Ketahanan Pangan,”.

Kegiatan diselenggarakan oleh Program Pascasarjana Hubungan Internasional UI dalam rangka menggali wawasan terkait bagaimana peran Kementerian Pertahanan dalam perkembangan global terhadap Pertahanan Indonesia serta ketahanan pangan Indonesia
Webinar juga dihadiri oleh Dr. Al-A’raf, S.H., M.DM dari imparsial, bapak Edy Prasetyono P.Hd., dan Ibu Eva Azzahra Puji Lestari sebagai pembahas.

Peserta Webinar antara lain: Mahasiswa Pascasarjana Departemen Hubungan Internasional UI; Mahasiswa Perguruan Tinggi lain; LSM dan anggota Ditsumdahan Sumdahan.
Dalam paparan disampaikan urgensi pelibatan dalam ketahanan pangan, yaitu:
1. Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara dan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara mengamanatkan kepada Kemhan untuk menyiapkan pertahanan negara secara dini, salah satunya untuk menyiapkan cadangan pangan strategis untuk pertahanan negara.
2. Perintah Presiden kepada Menhan dan Wamenhan untuk melaksanakan program ketahanan pangan untuk pertahanan negara dan untuk menghadapi krisis pangan karena pandemi Covid-19.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Kemhan bersinergi dengan Kementerian Pertanian, Kementerian PUPR dan Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup serta bekerjasama dengan Pemerintah Daerah.

Webinar dimulai dengan paparan dari Brigjen TNI Fahrid Amran, S.H. dan Dr. Al-A’raf dilanjutkan dengan pembahasan diskusi dan tanya jawab dari peserta.

Kegiatan berjalan aman tertib dan lancar (Red. Bagdatin/Ditsumdahan)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia