PERINGATAN HARI BELA NEGARA KE 72 TAHUN 2020

Sabtu, 19 Desember 2020

Sabtu 19/12/20 Kementerian Pertahanan RI dalam hal ini Direktorat Jenderal Potensi Pertahanan melaksanakan Peringatan Hari Bela Negara ke 72 secara virtual yang pimpin oleh Dirjen Pothan Kemhan Mayjen TNI Dadang Hendrayudha.

Dalam rekaman sambutan Menteri Pertahanan H. Prabowo Subianto, beliau menyampaikan bahwa pada momentum peringatan Hari Bela Negara saat ini, Menhan ingin mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk mengenang kembali sejarah perjuangan bangsa dalam mempertahankan NKRI.

Mengenang kembali pengorbanan para pahlawan kusuma bangsa, sekaligus untuk menguatkan kembali keyakinan kita akan pentingnya persatuan dan kesatuan, semangat pantang menyerah, kebersamaan dan gotong royong untuk mempertahankan serta menjaga keutuhan NKRI. Bela negara merupakan hak dan kewajiban konstitusional seluruh warga negara Indonesia.

Bela negara adalah tekad, sikap, dan perilaku serta tindakan warga negara, baik secara perseorangan maupun kolektif dalam menjaga kedaulatan negara, keutuhan wilayah, dan keselamatan bangsa dan negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD RI Tahun 1945 dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara dari berbagai ancaman.

Di sisi lain, kesadaran bela negara juga menjadi modal sosial bangsa untuk membangun jati diri bangsa yang memiliki skill, knowledge dan attitude yang baik sebagai suatu karateristik sumber daya manusia unggul yang diperlukan di era revolusi industri 4.0 menjadi bangsa yang maju, berkepribadian dan berkebudayaan yang sejajar dengan negara maju lainnya. Sebelum mengakhiri sambutan sebagaimana diketahui bahwa ancaman pandemi covid-19 masih belum berakhir, yang paling urgen dalam melakukan bela negara saat ini adalah membela negara Indonesia untuk mengatasi pandemi covid-19.

Hal ini dapat dilakukan di antaranya dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yaitu menerapkan 3M (memakai masker, menjaga jarak aman dan mencuci tangan sesering mungkin dengan sabun) sebagai upaya mencegah penyebaran covid-19. Pelaksanaan Peringatan Hari Bela Negara ke 72 dilanjutkan dengan Kopi Daring bersama sederetan artis yaitu Lukman Sardi, Olivia Zalianty, Cathy Sharon, Satya Hanggayudha serta dipandu oleh Andin Efendi. (Red Bagdatin Setditjen Pothan)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia